Advertisement

Pendaftaran Masih 1 Hari Lagi: Ini Kuota CPNS Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian di Kemenkumham DIY

Yosef Leon
Kamis, 05 September 2024 - 12:47 WIB
Sunartono
Pendaftaran Masih 1 Hari Lagi: Ini Kuota CPNS Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian di Kemenkumham DIY Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Antusiasme masyarakat untuk bergabung menjadi bagian dari Kementerian Hukum dan HAM sangat tinggi setiap tahunnya. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara per 3 September 2024, Kemenkumham menjadi instansi dengan jumlah pelamar terbanyak, yakni mencapai 333.134 orang. Angka ini diprediksi masih akan terus bertambah hingga batas akhir pendaftaran pada 6 September 2024.

Khusus di wilayah DIY, banyak pelamar yang menanyakan mengenai alokasi formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian, dua formasi yang selalu paling banyak peminatnya setiap tahun. Tak heran, kedua formasi ini seolah selalu menjadi pusat perhatian dibandingkan yang lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Sidak Lapas Tengah Malam, Kemenkumham DIY Pastikan Petugas Siaga Sesuai SOP

Kepala Subbagian Kepegawian, Tata Usaha, dan Rumah Tangga Kanwil Kemenkumham DIY Muhammad Arif Rohman menyampaikan, kuota untuk formasi penjaga tahanan di DIY tahun ini sebanyak 63 orang, dengan rincian 44 untuk laki-laki dan 19 untuk perempuan. Sementara itu, untuk formasi pemeriksa keimigrasian, kuota yang tersedia adalah 24 orang, masing-masing 12 untuk laki-laki dan perempuan.

“Jumlah alokasi untuk kedua formasi ini terbilang lumayan besar untuk wilayah DIY. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat yang ingin mendaftar,” ujar Arif Kamis (5/9/2024).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto menyebutkan saat ini tengah fokus pada proses verifikasi administrasi dokumen persyaratan peserta.

“Dengan jumlah pelamar yang sangat banyak, proses seleksi akan dilakukan secara ketat dan transparan. Kami berkomitmen untuk menjunjung tinggi integritas dalam setiap tahapan seleksi,” kata Agung.

Agung mengamini bahwa formasi penjaga tahanan dan pemeriksa keimigrasian menjadi yang terfavorit di Kemenkumham. Kedua formasi ini mensyaratkan ijazah SLTA sederajat sehingga peminatnya selalu membludak.

BACA JUGA : Peringati Hari Pengayoman Ke-79, Kemenkumham DIY Tabur Bunga di TMP Kusumanegara

“Pasti seleksi akan berjalan ketat. Seluruh peserta saya harap untuk benar-benar mempersiapkan diri. Seluruh ujian akan menggunakan metode komputer yang mana hasilnya akan bisa langsung keluar realtime," katanya.

Agung juga mengingatkan kepada seluruh peserta seleksi untuk selalu berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kemenkumham. “Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas dan selalu mengakses informasi resmi melalui website resmi BKN dan Kemenkumham,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keberangkatan Belasan Calon Pekerja Migran Ilegal Digagalkan di Bandara Soetta

News
| Senin, 16 September 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement