Advertisement

Status Kebencanaan Naik, BPBD Kulonprogo Siapkan 174 Tangki Air Hadapi Kekeringan

Triyo Handoko
Jum'at, 06 September 2024 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Status Kebencanaan Naik, BPBD Kulonprogo Siapkan 174 Tangki Air Hadapi Kekeringan Mobil tangki air milik BPBD Gunungkidul saat meyalurkan bantuan kepada warga di Dusun Kwarasan Kulon, Kedungkeris, Nglipar. foto diambil beberapa waktu lalu. - Ist/ dok BPBD Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo resmi menaikkan status kebencanaan di wilayahnya pada musim kemarau ini. Sebelumnya berstatus siaga bencana, kini sudah tanggap bencana.

Perubahan status itu sudah ditindaklanjuti  BPBD Kulonprogo dengan mengadakan tambahan tangki air untuk mengatasi kekeringan yang makin luas. Kini sudah tersedia 174 tangki air yang akan disalurkan ke wilayah terdampak kekeringan.

Advertisement

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulonprogo, Budi Prastawan menjelaskan pada Jumat (6/9/2024) bahwa pengadaan tangki air tersebut bersumber dari anggaran belanja tak terduga (BTT) dengan alokasi anggaran mencapai Rp200 juta.

Tak hanya tangki air, kata Budi, pihaknya juga melakukan pengadaan terpal untuk tampungan air sementara bagi warga miskin yang terdampak kekeringan. "Segera akan kami salurkan, terutama untuk kapanewon prioritas penanganan kekeringan," jelasnya.

Hasil pemetaan wilayah terdampak kekeringan yang dilakukan BPBD Kulonprogo, menurut Budi, terdapat empat kapanewon yang perlu perhatian khusus, yakni Kapanewon Kokap, Samigaluh, Kalibawang, dan Girimulyo.

Keempat kapanewon tersebut kini banyak warganya sudah mengajukan permohonan dropping air. "Kami cek juga kondisi di lapangannya memang sudah kekurangan air juga," ujarnya.

Budi menjelaskan ratusan tangki air yang sedang dalam proses pengadaan itu kemungkinan bertambah. "Akan ditambah jika memang sudah tidak mencukupi lagi, kami bisa mengajukan BTT lagi jika memang diperlukan dan mendesak," paparnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kulonprogo, Taufiq Prihadi menjelaskan status tanggap bencana ini akan berlangsung hingga 31 September mendatang. Pertimbanganya karena menurut kajian BMKG diprediksi akan muali turun hujan pada Oktober mendatang.

Taufiq menerangkan status tanggap bencana itu dapat diperpanjang jika kondisi kekeringan makin meluas dan tidak terjadi turun hujan. "Jika pada masa kahir status ini belum ada hujan juga, lalu koordinasi dengan BMKG memang ada kemunduran maka bisa diperpanjang masanya," ungkapnya.

Kondisi kemarau yang tak menentu ini, jelas Taufiq, perlu dihadapi secara kolaboratif dan gotong royong bersama. "Kami juga mengimbau masyarakat untuk menghemat air juga, berbagai upaya penghijauan di sumber mata air juga sudah kami sampaikan. Kami juga minta kewaspadaan karena musim kemarau ini juga rawan kebakaran," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Akses Jalan Tol Sek 6B dan 6C di IKN Ditarget Rampung Juni 2025

News
| Senin, 16 September 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement