Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Pembebasan Lahan Diperluas, IPL Tambahan Segera Diajukan ke Gubernur DIY

Sunartono
Selasa, 10 September 2024 - 16:02 WIB
Sunartono
Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo: Pembebasan Lahan Diperluas, IPL Tambahan Segera Diajukan ke Gubernur DIY Truk melintas di area pembangunan tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman, Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembebasan lahan tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo dipastikan bertambah. Oleh karena itu panitia pengadaan lahan akan mengajukan Izin Penetapan Lokasi (IPL) untuk tambahan perluasan lahan yang dibutuhkan.

IPL untuk pembebasan tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo sebenarnya sudah terbit paling awal. Meski demikian seiring dengan tahapan yang saat ini berjalan, terjadi penambahan kebutuhan lahan.

Advertisement

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo-YIA Segera Sasar Area Ring Road, Beton Barrier dan PPDU Disiapkan

Kepastikan akan diajukannya IPL tambahan ke Gubernur DIY disampaikan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jogja-Solo Dian Ardiansyah. Penambahan lahan untuk ruas Maguwo-Trihanggo ini menyesuaikan dengan kebutuhan pembangunan di jalan tol tersebut.

"Memang ada penambahan lahan untuk ruas Maguwo-Trihanggo ini. Jadwalnya sekitar pertengahan bulan ini akan masuk ke konsultasi publik [untuk pengajuan IPL]," katanya saat dimintai konfirmasi Harianjogja.com lewat ponsel, Senin (9/9/2024) malam.

Konsultasi publik itu dilakukan dengan memanggil warga terdampak pada trase tambahan untuk ruas tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo. Konsultasi publik ini menjadi syarat untuk pengajuan IPL kepada Gubernur DIY. "Nanti akan diajukan penlok lagi," ujarnya.

Meski demikian ia belum bisa menyampaikan secara detail terkait jumlah penambahan lahan untuk ruas tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo. "Nanti detailnya saat konsultasi publik disampaikan oleh BUJT," katanya.

BACA JUGA : Terbaru! Tarif Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Rp1.860 Per Kilometer, Ini Detailnya

Adapun pembebasan lahan tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo untuk IPL lama saat ini juga sedang berproses pada pendataan tanaman dan bangunan. Proses ini untuk wilayah Kalurahan Sinduadi dan Sariharjo sudah rampung.

"Sedangkan untuk Caturtunggal dan Condongcatur ini sedang berproses pendataan tanaman dan bangunan, mungkin masih dua pekan ke depan proses pendataannya [lahan terdampak tol Jogja-Solo Ruas Maguwo-Trihanggo]," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Tambang, Muhammadiyah Tekankan Unsur Profesionalitas

News
| Selasa, 17 September 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement