Advertisement

Lomba Tari Ngumbar Polah Sarana Edukasi Budaya pada Generasi Muda

Ujang Hasanudin
Senin, 16 September 2024 - 07:07 WIB
Ujang Hasanudin
Lomba Tari Ngumbar Polah Sarana Edukasi Budaya pada Generasi Muda Salah satu penampilan tari dalam acara lomba tari tingkat SD hingga SMA di Bumi Perkemahan Kalakijo, Guwosari Pajangan, Bantul, Minggu (15/9/2024). - Ist / pemkab Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 500 peserta dari berbagai sanggar mengikuti Lomba Tari "Ngumbar Polah #2" di Bumi Perkemahan Kalakijo, Guwosari Pajangan, Bantul, Minggu (15/9/2024).

Acara tersebut digelar rutin setiap tahunnya bersamaan dengan diselenggarakannya Pasar Semesta, sebuah wadah UMKM bagi masyarakat Pajangan.

Advertisement

Ketua Desa Wisata Kalakijo, Miftahudin, dalam keterangannya mengatakan lomba tari ini diikuti oleh 500 peserta dari berbagai sanggar tari se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai dari kategori PAUD hingga SMA. “Semoga kedepannya acara yang bertema kebudayaan seperti ini bisa kami selenggarakan dengan lebih meriah,” katanya.

Panewu Pajangan, Anjar Arintaka Putra  mengungkapkan rasa bangganya terhadap acara ini yang menjadi bagian dari upaya melestarikan budaya di kalangan generasi muda.

"Ngumbar Polah #2 bukan hanya sekadar lomba, tetapi juga sarana edukasi budaya. Dengan mengenalkan tari tradisional kepada anak-anak sejak dini, kita turut menjaga dan melestarikan kekayaan seni yang kita miliki," kata Anjar.

BACA JUGA: Polisi Buru Pelak Pembacokan Dua Pelajar di Kasihan Bantul

Ia juga berharap agar lomba ini dapat menjadi agenda rutin untuk terus mengembangkan bakat-bakat muda di bidang seni.

Lomba tari ini menampilkan berbagai kreasi tari tradisional dengan sentuhan modern yang dibawakan oleh para siswa dengan penuh percaya diri. Peserta tampil dalam kelompok, mengenakan kostum warna-warni khas tarian tradisional, menambah keindahan setiap penampilan mereka. Selain menampilkan gerakan tari yang anggun dan dinamis, para peserta juga memperlihatkan bagaimana mereka telah mempersiapkan diri dengan latihan yang matang.

Penonton yang sebagian besar terdiri dari keluarga peserta dan warga sekitar tampak menikmati setiap penampilan yang ditampilkan oleh para siswa. Sorak-sorai dan tepuk tangan meriah terdengar setiap kali kelompok tari menyelesaikan penampilannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seleksi Calon Pimpinan KPK Berlangsung Ketat

News
| Rabu, 18 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement