Advertisement

Jelang Pemerintahan Baru, GJL Ingatkan Akar Konstitusi Pancasila dan UUD 1945

Yosef Leon
Minggu, 22 September 2024 - 21:57 WIB
Arief Junianto
Jelang Pemerintahan Baru, GJL Ingatkan Akar Konstitusi Pancasila dan UUD 1945 Ketua Umum GJL Riyanta mengingatkan pemerintahan baru untuk menjalankan roda pemerintahan yang mengacu pada Pancasila dan UUD 1945. - Istimewa/GJL

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gerakan Jalan Lurus (GJL) merupakan salah satu organisasi masyarakat di Jogja mengajak pemerintahan baru yang nantinya akan dijalankan oleh Prabowo- Gibran untuk tetap mengedepankan akar dan dasar konstitusi Pancasila dan UUD 1945 dalam setiap kebijakan dan programnya. 

Ketua Umum GJL, Riyanta mengatakan pemerintahan baru akan berjalan pada Oktober mendatang. Pihaknya mengaku akan mengawal transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden terpilih Prabowo Subianto akan berjalan optimal dan sukses. 

Advertisement

"Kami akan kawal seluruh sektor terutama demokrasi dan HAM karena sejalan dengan Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum," katanya, Sabtu (21/9/2024). 

Riyanta menegaskan, generasi muda juga harus peduli dan terlibat. Kepedulian itu bisa ditunjukkan dengan ikut mengawal setiap kebijakan dari negara demi rasa kepedulian terhadap NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

"Setiap pemerintahan pasti ada kurang lebihnya, sehingga tugas pemerintahan yang baru, Prabowo-Gibran untuk membereskan persoalan negara dan bangsa yang belum selesai," kata Riyanta.

Ia menjelaskan, semua bidang kehidupan bangsa dan negara harus tegak mengacu pada ketentuan UUD 1945 dan Pancasila. Hal itu tentu sesuai dengan apa yang dicita-citakan para pendahulu bangsa. Tentu bukan hal yang mudah, perlu kerja sama dan kesadaran kolektif menuju Indonesia Emas. "Yang paling utama bagaimana menyadarkan generasi muda untuk bangkit menuju kebangkitan nasional, khususnya sektor ekonomi," katanya. 

Guna menyambut transisi pemerintahan yang baru pihaknya pun akan menggelar pagelaran budaya di Jogja pada 28 September mendatang. Acara akan dimeriahkan dengan pagelaran wayang dengan lakon Tumuruning Wahyu Tri Bawono

"Dengan acara wayang ini, sebagai upaya mengajak warga mendukung pemerintahan baru, Prabowo-Gibran sekaligus menyampaikan ucapan perpisahan kepada Presiden Joko Widodo-Maruf Amin," pungkas Riyanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Italia Tolak Ukraina Serang Rusia dengan Senjata Pasokan Negara Barat

News
| Senin, 23 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement