Advertisement

Dinkop UKM Kulonprogo Lakukan Penilaian Kesehatan 7 Koperasi

Triyo Handoko
Minggu, 22 September 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Dinkop UKM Kulonprogo Lakukan Penilaian Kesehatan 7 Koperasi Suasana pemeriksaan kesehatan kinerja koperasi di Kantor Kapanewon Wates yang menyasar tujuh unit. Dok Dinkop UKM Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak tujuh koperasi di Bumi Binangun jadi sasaran Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Kulonprogo untuk diperiksa kesehatan kinerjanya. Pemeriksaan ini meliputi manajemen pengelolaan hingga keuangannya sesuai Undang-undang Perkoprasian.

Tujuh koperasi yang jadi sasaran pemeriksaan Dinkop UKM Kulonprogo ini antara lain Koperasi Patria Sejahtera Wates, KSU Trijata Wates, KSU Ganca Pengasih, KPRI Bhakti Niaga Pengasih, KPN Bangun Karya Pengasih, KPRI Harapan Jaya Wates, dan KSU Rojo Koyo Sembodo Wates. Tujuan pemeriksaan ini untuk memastikan koperasi-koperasi tersebut dioperasikan sesuai regulasi, tidak merugikan anggotanya, dan dapat lebih luas lagi manfaatnya untuk masyarakat Bumi Binangun.

Advertisement

Kepala Dinkop UKM Kulonprogo, Iffah Mufidati yang memimpin pemeriksaan koperasi ini menjelaskan hasil dari kegiatan tersebut dapat bervariatif untuk tiap unit usaha. Hasil penilaian tergantung dari kinerja koperasi yang ada yang rentang kategori hasilnya adalah sehat, cukup sehat, dalam pengawasan, dan pengawasan khusus.

Selain untuk memastikan kinerja koperasi yang ada sehat, jelas Iffah, pemeriksaan ini juga untuk meningkatkan pemahaman pengurus tiap unit agar pengelolaannya makin optimal. "Supaya jika ada yang tidak tepat dapat dikoreksi jadi bahan pembelajaran agar manajemannya makin bagus," tuturnya.

BACA JUGA: Belum Semua Koperasi Tambang Emas Kulonprogo Dalam Kategori Sehat, Dinkop UKM Terus Dampingi

Pemeriksaan koperasi ini melibatkan tiga petugas jabatan fungsional pengawas Dinkop UKM Kulonprogo. "Dalam pemeriksaan ini diharpakan pengurus koperasi yang ada dapat terbuka agar hasil pemeriksaan yang ada dapat sesuai dengan kondisi yang ada sehingga saran atau rekomendasi yang diberikan tepat sasaran," jelasnya.

Sementara itu petugas pemeriksa koperasi Dinkop UKM Kulonprogo, Sutrisno Purwoto menyebut dari tujuh unit yang disasar itu setidaknya terdapat beberapa jenis usaha. Antara lain koperasi simpan pinjam konvensional dan syariah hingga koperasi pembiayaan konvensional dan syariah.

Terhadap tiap jenis koperasi, jelas Sutrisno, terdapat indikator dan sistem pemeriksaan yang berbeda. "Pemeriksaan ini penting supaya anggota koperasi juga dapat lebih percaya kepada pengurusnya, termasuk masyarakat luas jika terbukti sehat maka akan makin mudah menambah anggota karena terpercaya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penemuan 7 Mayat di Kali Bekasi, Polisi: Tidak Ada Bekas Luka dan Aniaya di Jasad

News
| Minggu, 22 September 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement