Advertisement

3 Paslon Pilkada Gunungkidul Sampaikan Filosofi Nomor Urut

Andreas Yuda Pramono
Senin, 23 September 2024 - 18:57 WIB
Sunartono
3 Paslon Pilkada Gunungkidul Sampaikan Filosofi Nomor Urut Tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul sedang menunjukkan plakat nomor urut Paslon dalam Pilkada Gunungkidul di Kantor KPU Gunungkidul, Senin, (23/9/2024). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul selesai menggelar pengundian nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati di Kantor KPU Gunungkidul, Senin, (23/9/2024).

Anggota KPU Gunungkidul, Supami menjelaskan mekanisme pengambilan nomor urut Paslon didahului dengan pengambilan nomor urut untuk mengambil undian.

Advertisement

BACA JUGA : Pilkada Gunungkidul, PDIP Tarik PKS Masuk Koalisi

Pertama, calon wakil bupati mengambil bola penentu antrian. Urutan pengambilan ini mendasarkan pada waktu pendaftaran Paslon ke KPU Gunungkidul. Sebab itu, Joko Parwoto mengambil lebih dulu, kemudian disusul Sumanto, dan Mahmud Ardi Widanto.

Kemudian, calon bupati didampingi calon wakil bupati mengambil nomor urut Paslon. Hasilnya, Endah Subekti Kuntariningsih – Joko Parwoto mendapat nomor 1, Sutrisna Wibawa – Sumanto nomor 2, dan Sunaryanta – Mahmud Ardi Widanto nomor 3.

Endah menjelaskan nomor 1 memiliki filosofi tauhid, ke-Esa-an, tunggal, dan nyawiji. Angka satu berarti penyatuan seluruh ciptaan, penyatuan alam semesta, dan masyarakat Gunungkidul.

“Nomor satu juga memiliki makna menomorsatukan kepentingan masyarakat Gunungkidul, mengutamakan kerukunan, persatuan antar-umat beragama, golongan, dan seluruh rasnya,” kata Endah.

Sutrisna Wibawa menautkan nomor 2 dengan nomor urut Paslon Prabowo – Gibran Rakabuming Raka yang memenangi kontestasi Pemilu 2024.

“Nomor dua sebagai simbol manunggal untuk mencapai Gunungkidul maju dan sejahtera. Manunggaling pemimpin dengan rakyat,” kata Sutrisna.

BACA JUGA : Pilkada Gunungkidul, Kekayaan Sunaryanta Melebihi Total Harta Endah dan Sutrisna

Sutrisna menekankan pembangunan masyarakat dilakukan oleh dua pihak yaitu pemimpin dan masyarakat. Adapun menurut Sumanto nomor genap memiliki muatan positif atau kebaikan di antara nomor ganjil.

Sunaryanta mengaku nomor 3 sesuai harapannya. Dia mengaitkan dengan lema dimensi atau dimensional. Menurutnya, ada satu dimensi, dua dimensi, dan tiga dimensi yang merepresentasikan kelompok.

Kata tiga yang terdiri dari dua suku kata, jelasnya memiliki arti tiap suku katanya. Ti- berarti tidak dan -ga berarti gagal. “Artinya tidak gagal, maka di situlah ada kesuksesan. Saya dari rumah juga mintanya angka tiga,” kata Sunaryanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sri Mulyani: Pendapatan Negara Terkumpul Rp1.777 Triliun Per Agustus 2024

News
| Senin, 23 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement