Advertisement

Berikut Jadwal Debat Paslon Pilkada Bantul 2024

Ujang Hasanudin & Stefani Yulindriani Ria S.R
Selasa, 08 Oktober 2024 - 12:57 WIB
Ujang Hasanudin
Berikut Jadwal Debat Paslon Pilkada Bantul 2024 Kampanye pemilu - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul telah menetapkan jadwal debat pasangan calon bupati dan wakil Bupati Bantul di Pilkada 2024. Debat akan dilaksanakan selama tiga kali yang dimulai pada 1 November mendatang.

Debat perdana pada 1 November 2024 melibatkan antarcalon wakil bupati Bantul. Sementara debat kedua digelar pada 8 November melibatkan antarcalon bupati Bantul. Sementara debat ketiga atau debat terakhir digelar pada 15 November yang melibatkan antarpasangan calon bupati dan wakil bupati.

Advertisement

"Sementara untuk tema debat baru akan dibahas pada Jumat besok," kata Ketua Divisi Teknis KPU Bantul Mestri Widodo, dalam keterangannya Senin (8/10/2024).

Materi debat, kata Mestri akan diatur oleh panelis bersama KPU. ia belum bisa menyampaikan siapa saja panelis yang dilibatkan dalam debat pilkada bantul 2024 ini.

Adapun lokasi debat akan dilaksanakan di Stasiun TVRI dengan durasi debat 120 menit. Waktu debat Pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Ketua KPU Bantul Joko Santoso mengatakan pihaknya berharap debat paslon peserta Pilkada Bantul 2024 ini berjalan meriah, namun berbasis budaya.

BACA JUGA: Pilkada Bantul Digelar Satu Putaran, Ini Target Perolehan Suara 3 Paslon yang Bertarung

Sementara itu di luar debat resmi yang diselenggarakan KPu Bantul,  Gen Z Institut dan Aliansi Mahasiswa untuk Bantul (AMUBA) mendorong calon bupati dan calon wakil bupati Bantul menghadiri debat terbuka yang akan diselenggarakan Oktober ini. Debat terbuka ini diharapkan mampu memaparkan gagasan terkait persoalan lapangan pekerjaan yang terbatas dalam debat pilkada nanti.

Kedua organisasi itu juga berharap agar calon bupati dan wakil bupati Bantul mampu menghadirkan ruang untuk perkembangan generasi muda.

Pendiri Gen Z Institut, Abdulah Ariansyah menyampaikan lapangan pekerjaan yang terbatas menjadi tantangan yang dialami generasi muda saat ini. Dia menuturkan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh beberapa perusahaan juga menjadi persoalan bagi generasi muda.

Abdulah berharap calon bupati dan calon wakil bupati Bantul mampu memberikan solusi agar generasi muda di Bantul mampu mendapatkan pekerjaan di daerahnya sendiri.

“Kami menginginkan calon bupati [Bantul] memberikan lapangan pekerjaan seluas luasnya di Bantul,” ujarnya, Rabu (2/10/2024).

Selain itu, Abdulah berharap calon bupati dan calon wakil bupati mampu menumbuhkan potensi generasi muda melalui berbagai kegiatan pemberdayaan ekonomi kreatif bagi generasi muda. Anak muda di Bantul diharapkan diberi ruang untuk mengembangakan ekonomi kreatif melalui pengembangan UMKM.

Koordinator Umum AMUBA, Ahmad Tomi Wijaya menilai debat tersebut merupakan peluang bagi generasi muda untuk mampu mengkritisi dan mengawal kebijakan publik yang ada di Bantul. Menurutnya, generasi muda perlu memastikan kebijakan yang diambil pemerintah berpihak pada rakyat.

“Kami ingin publik bisa melihat siapa yang benar-benar punya visi dan strategi yang konkret, bukan hanya bicara di atas panggung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Rem Blong, Avansa Masuk Jurang di Ngawen

Rem Blong, Avansa Masuk Jurang di Ngawen

Jogjapolitan | 7 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Hanya Hakim, DPR Juga Bakal Memperjuangkan Kesejahteraan Prajurit TNI

News
| Selasa, 08 Oktober 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement