Advertisement

BEDAH BUKU: Warga Dibekali Literasi agar Masa Emas Anak Tak Terlewat

Media Digital
Jum'at, 11 Oktober 2024 - 21:47 WIB
Maya Herawati
BEDAH BUKU: Warga Dibekali Literasi agar Masa Emas Anak Tak Terlewat Masyarakat mengikuti program bedah buku inisiasi DPAD DIY yang digelar di Jogotirto, Berbah, Sleman, Jumat (11/10/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

SLEMAN—Masa emas anak menjadi fase krusial bagi tumbuh kembang anak. Untuk membekali pengetahuan masyarakat tentang fase tersebut, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) DIY bersama DPRD DIY menggelar bedah buku di Jogotirto, Berbah, Sleman, Jumat (11/10/2024).

Anggota DPRD DIY, Anton Prabu Semendawai, menuturkan buku yang dibedah bersama warga tidak hanya sekadar berupaya untuk meningkatkan minat baca warga. Anton juga ingin dari buku yang dibahas bersama-sama akan ada pengetahuan atau wawasan baru yang bisa dibawa warga nantinya pasca kegiatan bedah buku.

Advertisement

“Ingin meningkatkan minat baca masyarakat ataupun mempertahankan karena di DIY ini sudah tertinggi tetapi juga ingin ada pesan-pesan yang disampaikan, di dalam bedah buku ada hasilnya,” tuturnya, kemarin.

Di Jogotirto, warga diajak membedah buku berjudul Masa Emas Anak: Menghindari Stunting Dengan Nutrisi Optimal. Anton menilai tema ini sangat relevan untuk dibahas apalagi untuk menciptakan generasi emas, anak perlu asupan gizi yang baik.

Untuk mewujudkan generasi emas, masa emas pertumbuhan anak perlu dioptimalkan agar jangan sampai masa itu terlewat begitu saja. Anton juga menggarisbawahi kadang orang tua lupa memberikan gizi seimbang kepada anak dan justru memberikan makanan berpengawet dengan gizi rendah.

BACA JUGA: Siswa SD di Kota Jogja Jadi Korban Perundungan selama Tiga Tahun

Pustakawan Ahli Muda DPAD DIY, Trilastiti Suryaningtyas, menambahkan dengan adanya bedah buku kali ini, orang tua diharapkan bisa mengerti nutrisi yang baik untuk anak sehingga nantinya anak-anak itu bisa tumbuh optimal.

“Masa emas anak itu kan menentukan nantinya, jadi diharapankan orang tua itu tidak kehilangan masa emas anak dalam menentukan gizi,” ucapnya. Perempuan yang disapa Asti itu juga menambahkan bila wawasan akan nutrisi bisa dipelajari dari buku atau bahan bacaan lain. Bahan bacaan yang kredibel akan meningkatkan potensi tumbuh kembang anak.

“Nutrisi seperti apa yang baik, yang bisa bermanfaat dari anak itu cuma ada di dalam buku dan bisa dipelajari orang tua di rumah dan mendapatkan sumber yang jelas tidak hanya katanya-katanya,” tandasnya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabinet Baru, Jokowi: Nama-Nama Calon Menteri Sudah Dipegang Sekjen Gerindra

News
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Patung Gajah Mada Diletakkan di Dasar Laut untuk Tarik Minat Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 11 Oktober 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement