Advertisement

Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Ditarget Selesai Desember 2024, Mudik Lebaran ke Jogja Akan Lebih Cepat

Catur Dwi Janati
Minggu, 13 Oktober 2024 - 07:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Ditarget Selesai Desember 2024, Mudik Lebaran ke Jogja Akan Lebih Cepat Foto aerial proyek tol Jogja-Solo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogjacom, JOGJA—Pembangunan Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani Sleman ditargetkan selesai pada Desember 2024 mendatang. Jika target ini terealisasi maka Mudik Lebaran 2024 ke wilayah Jogja akan lebih cepat karena wilayah DIY telah tersambung ke tol Trans Jawa.

Pernyataan terkait target tuntasnya tol Jogja-Solo sampai ke wilayah Purwomartani Sleman itu langsung disampaikan oleh Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke Pameran dan Apresiasi Hari Habitat Dunia – Hari Kota Dunia di UGM, Sabtu (12/10/2024).

Advertisement

Tol Jogja-Solo-YIA ruas Kartasura-Klaten atau Seksi 1 Paket 1.1 ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer tersebut telah dioperasikan sejak Kamis (19/9/2024) dan diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

BACA JUGA : Viral Tol Jogja-Solo Ruas Kartasura-Klaten Dikabarkan Sudah Berbayar, Jasamarga Tegaskan Masih Gratis

"Yang sekarang diresmikan kemarin sampai Klaten sudah operasi," ungkap Basuki pada sabtu (12/10/2024).

Basuki berharap pembangunan jalan bebas hambatan ini bisa berlanjut hingga Purwomartani di akhir tahun 2024 nanti. Tol Jogja-Solo uas Klaten-Purwomartani masuk dalam penggarapan Seksi 1 Paket 1.2 Klaten-Puwomartani dengan panjang mencapai kurang lebih 20,08 kilometer.

"Mudah-mudahan sampai Desember nanti sampai Purwomartani itu akan selesai," ucapnya.

Pada Juni lalu penggarapan  Tol Jogja-Solo-YIA di Seksi 1 Paket 1.2 Klaten-Purwomartani telah sampai pada pengerjaan erection girder sebagai kerangka jembatan Malang Jiwan di Kebonarum, Klaten. Manager Humas PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), Rachmat Jesiman menjelaskan pengerjaan erection girder pada proyek Tol Solo-Jogja-YIA berada di STA 26+600.

Girder sendiri merupakan gelagar jembatan berbentuk balok yang diletakkan di antata dua penyangga. Komponen ini penting untuk menyalurkan beban ke struktur bawah jembatan.

"Pengerjaan erection girder di proyek jalan Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani tepatnya di STA 26+600 yang akan menjadi penghubung jembatan Malang Jiwan di Desa Malang Jiwan, Kebonarum, Klaten telah berhasil dilaksanakan," kata Rachmat dikonfirmasi pada Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA : Terdampak Proyek Tol, Aktivitas di SDN Nglarang Masih Berlangsung di Gedung yang Tersisa

Secara spesifik ada 12 girder yang sudah terpasang di Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani . Masing-masing girder memiliki panjang hingga 40 meter. Dalam pemasangannya, erection girder di Malang Jiwan dikerjakan selama dua hari. "Pelaksanaan erection girder ini nantinya akan menjadi Jembatan Malang Jiwan [Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani ]," jelasnya.

Di sisi lain rampungnya penggarapan erection girder ini juga membuat makin banyaknya ruas penggarapan yang telah terhubung dalam lokasi penggarapan Tol Jogja-Solo-YIA segmen Klaten-PurwomartaniTol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani. "Terhubungnya jembatan Malang Jiwan menjadi catatan progres terkini pembangunan proyek jalan Tol Jogja-Solo ruas Klaten-Purwomartani pada paket 1.2," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Luhut Ungkap Wacana Penyaluran Subsidi Tak Lagi Lewat Kementerian untuk Cegah Korupsi

News
| Minggu, 13 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Wisata Kesehatan yang Tak Tertandingi di Turki

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 00:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement