Advertisement

UGM Beri Edukasi dan Layanan Kesehatan Lewat Zona di Taman Pintar

Alfi Annisa Karin
Selasa, 15 Oktober 2024 - 10:47 WIB
Sunartono
UGM Beri Edukasi dan Layanan Kesehatan Lewat Zona di Taman Pintar Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Pemkot Jogja dengan Fakultas Farmasi terkait penyediaan ruang edukasi dan pelayanan kesehatan dalam bentuk zona di Taman Pintar, Senin (14/10/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GONDOMANAN—Fakultas Farmasi UGM bersama dengan Pemkot Jogja menandatangani nota kesepakatan kerja sama di Taman Pintar, Senin (14/10/2024). Kerja sama yang dimaksud adalah penyediaan ruang bagi Fakultas Farmasi UGM untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan kefarmasian.

Dekan Fakultas Farmasi UGM Satibi menjelaskan sejak 2017 lalu pihaknya diberikan kesempatan untuk membuka stand atau zona di dalam lingkungan Taman Pintar yang diberi nama Zona Kesehatan dan Kefarmasian. Biasanya stand itu akan dibuka pada hari Sabtu dan Minggu. Namun, stand edukasi ini terpaksa terhenti saat pandemi Covid-19 merebak beberapa waktu lalu. Kini, pihaknya kembali melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemkot Jogja untuk kembali membuka zona itu.

Advertisement

BACA JUGA : Jalur Bus Trans Jogja ke Malioboro, Taman Pintar dan Sejumlah Destinasi Wisata Lainnya

Satibi menambahkan, masyarakat bisa mengakses berbagai layanan di dalam Zona Kesehatan dan Kefarmasian Taman Pintar. Mulai dari edukasi kefarmasian, pelayanan kesehatan seperti cek gula darah, kolesterol, hingga edukasi atau konseling terkait dengan pola hidup sehat.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan edukasi terkait dengan penggunaan obat yang rasional dan cara penyimpanan obat yang aman serta penggunaan dosis yang sesuai. Berbagai edukasi dan layanan itu akan dilakukan oleh mahasiswa yang didampingi oleh dosen Fakultas Farmasi UGM.

“Masih banyak masyarakat yang kurang paham. Dari dosisnya berapa, cara menggunakannya bagaimana. Misalnya, kalau obat diminum 3 hari sekali itu tiap 8 jam, bukan artinya diminum pagi, siang, dan sore,” katanya saat ditemui di Taman Pintar, Senin (14/10/2024).

Satibi mengatakan pihaknya sengaja memilih Taman Pintar sebagai lokasi edukasi. Sebab sebagai Kota Pelajar dan Kota Wisata, Taman Pintar menjadi salah satu destinasi yang menjadi favorit bagi wisatawan. Dia menuturkan Zona Kesehatan dan Kefarmasian selalu mendapatkan antusias yang tinggi dari para pengunjung.

“Antusiasnya sangat luar biasa. Kita membuka outlet itu apalagi Sabtu, Minggu sehari bisa 3.000 sampai 5.000 pengunjung hadir,” ucapnya.

Penjabat Wali Kota Jogja Sugeng Purwanto mengaku menyambut baik kerja sama antara Pemkot Jogja dengan Fakultas Farmasi UGM ini. Menurut Sugeng, ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemkot Jogja dalam pelayanan kesehatan masyarakat di bidang kefarmasian. Lewat kerja sama ini, diharapkan dapat menambah minat masyarakat terhadap bidang farmasi.

“Ini juga komitmen untuk bagaimana menciptakan kesadaran kefarmasian kepada generasi muda karena pada dasarnya generasi muda inilah yang akan menjadi penerus bangsa kita. Elaborasi ini sangat luar biasa untuk menciptakan situasi kondisi DIY yang sehat dengan generasi yang cerdas,” ungkap Sugeng. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Terbangkan 28 Ton Bantuan ke Sudan, Yaman dan Palestina

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement