Advertisement

Penyandang Disabilitas Bisa Berprestasi Lewat Kebiasaan Berolahraga

Sunartono
Selasa, 15 Oktober 2024 - 13:37 WIB
Sunartono
Penyandang Disabilitas Bisa Berprestasi Lewat Kebiasaan Berolahraga Penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan kesetaraan dari berbagai aspek termasuk fasilitasi olahraga. Melalui dorongan olahraga tersebut, para penyandang disabilitas memiliki potensi untuk beprestasi bahwa menjadikannya dengan masa depan yang lebih baik. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penyandang disabilitas berhak untuk mendapatkan kesetaraan dari berbagai aspek termasuk fasilitasi olahraga. Melalui dorongan olahraga tersebut, para penyandang disabilitas memiliki potensi untuk beprestasi bahwa menjadikannya dengan masa depan yang lebih baik.

Dosen Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIKK UNY Rumpis Agus Sudarko mengatakan penyandang disabilitas bisa mendapatkan banyak manfaat jika aktif mengikuti kegiatan olahraga. Selain sehat, juga meningkatkan daya tahan tubuh, dan kebugaran. Adapun dari aspek sosial, olahraga membantu inklusi sosial karena akan mengurangi stigma yang kadang dialami penyandang disabilitas.

Advertisement

BACA JUGA : PT KAI Daop 6 Berikan Diskon Khusus 20% Tarif KA untuk Difabel, Begini Syaratnya

"Dari sisi ekonomi, bahkan para penyandang disabilitas yang berprestasi bidang olahraga bisa mendapatkan penghasilan
setelah berlaga menjadi juara. Selain itu dengan olahraga akan melatih anak penyandang disabilitas menjadi lebih mandiri," katanya dalam Seminar bertajuk Tantangan Membangun Kebiasaan Berolahraga pada Anak Penyandang Disabilitas, Selasa (15/10/2024).

Meski demikian untuk membiasakan penyandang disabilitas berolahraga saat ini masih menemui sejumlah kendala. Salah satunya orang tua belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk memberikan pendampingan terhadap anaknya penyandang disabilitas untuk mengikuti kegiatan olahraga. "Ini menjadi tantangan terbesar," katanya.

Salah satu orang tua dari penyandang disabilitas Risvani mengakui lingkungan memiliki pengaruh besar terhadap pencapaian prestasi dari anak penyandang disabilitas. Anaknya Muhammad Rafi Zulfandi, didampingi hingga menemukan bakatnya melalui proses yang tidak instan. Melainkan dengan mencoba berbagai cabang olahraga hingga menemukan bakanya cocok di badminto.

"Sempat saya ikutkan taekwondo, tetapi kurang nyaman. Saya coba renang, juga pernah ikut basket, bola tangan, atletik, dan badminton. Ternyata cocoknya di badminton. Memang orang tua harus mendukung anak untuk berkembang sesuai potensinya," ujarnya.

Asisten Deputi Olahraga Penyandang Disabilitas Kemenpora Ibnu Hasan terus mendukung terwujudnya inklusivitas bidang olahraga. Undang-undang No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas menjamin bahwa penyandang disabilitas harus mendapat perlakukan, kesetaraan yang sama.

BACA JUGA : Puluhan Disabilitas di Kota Jogja Diberi Layanan Pemeriksaan Kesehatan dan Alat Bantu

"Maka Tidak boleh lagi ada stigma negatif terhadap para penyandang disabilitas, termasuk kesempatan berolahraga. Karena regulasi sudah memberikan ruang tersendiri bagi penyandang disabilitas," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bahu Membahu Meningkatkan Produksi dan Pasokan untuk Ketahanan Pangan

News
| Selasa, 15 Oktober 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat Wisata Paling Populer di Thailand, Cek Daftarnya

Wisata
| Sabtu, 12 Oktober 2024, 13:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement