Advertisement

Hari Pertama Tes SKD CPNS Pemda DIY Tahun 2024 Berjalan Lancar, BKD Peringatkan Ini

Yosef Leon
Rabu, 16 Oktober 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Hari Pertama Tes SKD CPNS Pemda DIY Tahun 2024 Berjalan Lancar, BKD Peringatkan Ini Sejumlah peserta CPNS Pemda DIY bersiap mengikuti tes SKD di BLPT Jogja pada Rabu (16/10/2024). - Harian Jogja / Yosep Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) tahun 2024 resmi dimulai hari ini, Rabu (16/10/2024). Ribuan peserta dari berbagai daerah di Jogja dan sekitarnya antusias mengikuti rangkaian tes yang digelar di BLPT Jogja.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Amin Purwani, menyampaikan bahwa pelaksanaan SKD tahun ini berjalan lancar. “Hari pertama ini dan Jumat besok kami bagi menjadi dua sesi, dan seterusnya akan ada empat sesi setiap harinya,” ujar Amin. 

Advertisement

Ia juga mengingatkan para peserta untuk tetap menjaga integritas dan tidak tergiur dengan berbagai macam penawaran terkait kelulusan. “Kami ingatkan kembali bahwa tidak ada jalur khusus untuk lulus seleksi CPNS. Semua harus melalui proses yang transparan dan terbuka,” katanya.

Salah satu peserta, Dewi Nuraini asal Purworejo, mengaku sengaja memilih Pemda DIY karena formasi yang ditawarkan cukup banyak dan jaraknya tidak terlalu jauh dari rumahnya. “Saya melamar posisi pengawas benih di Dinas Pertanian DIY. Sudah lama ingin menjadi PNS, dan ini adalah kesempatan pertama saya,” ungkapnya. 

BACA JUGA: 17.933 Peserta Bakal Ikuti SKD CPNS DIY, BKD Imbau Jaga Kesehatan dan Konsentrasi

Dewi berharap dapat diterima sebagai CPNS karena menurutnya, pekerjaan sebagai PNS lebih menjanjikan dibandingkan dengan pekerjaannya saat ini sebagai honorer di pemerintah desa.

Senada dengan Dewi, peserta lainnya, Dewi Masita, juga memiliki alasan yang sama. Lulusan UPN Jogja ini melamar di formasi yang sama dengan Dewi. “Saya memilih Pemda DIY karena peluangnya lebih besar dan jurusannya sesuai dengan latar belakang pendidikan saya,” ujarnya. Dewi optimistis dapat lolos seleksi dan meraih cita-citanya sebagai PNS.

Proses seleksi SKD CPNS Pemda DIY dilakukan secara ketat. Peserta harus melalui beberapa tahap, mulai dari registrasi, pemeriksaan barang bawaan, hingga memasuki ruang Computer Assisted Test (CAT). Selama pelaksanaan tes, panitia pengawas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) turut memantau jalannya tes untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan prosedur.

Seleksi SKD CPNS Pemda DIY akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Setelah Pemda DIY, seleksi akan dilanjutkan dari Kabupaten Kulonprogo, Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Jogja. Bagi para peserta yang lolos seleksi SKD, akan mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puan Tegaskan PDIP Solid Mendukung Pemerintahan Prabowo

News
| Rabu, 16 Oktober 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement