Advertisement

Tiga Bangunan KAI Disebut Bakal Terdampak Proyek Tol Jogja-YIA, Ini Detailnya

Anisatul Umah
Kamis, 17 Oktober 2024 - 16:57 WIB
Ujang Hasanudin
Tiga Bangunan KAI Disebut Bakal Terdampak Proyek Tol Jogja-YIA, Ini Detailnya Suasana proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman yang sudah berada di dekat SDN Nglarang yang terdampak tol pada Rabu (19/6/2024). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyebut pembangunan jalan tol ruas Jogja-YIA Kulonprogo kemungkinan akan dibangun sejajar dengan rel kereta api (KA) di sepanjang Rewulu hingga Sedayu. Selain itu tiga bangunan KAI juga disebut bakal terdampak dari proyek tol Jogja-YIA ini.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro menjelaskan yang dimaksud sejajar adalah rel KA, kemudian disampingnya ada tanah milik KAI, dan disampingnya baru dibangun tol. Dia menyebut untuk kepastiannya Daop 6 belum tahu persis, akan ada rapat dengan pihak-pihak terkait.

Advertisement

"Kalau dilihat patok-patok batas, sejajar dengan jalur rel," ucapnya, Kamis (17/10/2024).

Terkait berapa km panjang tol yang akan sejajar, Krisbiyantoro belum bisa memastikan. Ini juga masih menunggu rapat dengan pihak terkait.

"Belum tahu persisnya sampai mana," lanjutnya.

Sementara itu dia menyebut akan ada tiga bangunan KAI yang terdampak tol. Berlokasi di Sedayu dan Rewulu. Bangunan itu berupa rumah dinas atau rumah perusahaan, eks kantor resort, dan griya karya.

BACA JUGA: Progres Tol Jogja-Solo-YIA Seksi 2 Paket 2.1 Purwomartani-Maguwo, Masih Land Clearing

Mengenai kemana bangunan tersebut nantinya akan dipindah, menurutnya belum dibahas sejauh itu. Saat ini Daop 6 masih mempersiapkan penghapusan aset jika benar nantinya terdampak.

"Belum sampai tahap itu [membahas lokasi pemindahan]."

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman, Hary Listantyo Prabowo menjelaskan lahan terdampak Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo di Kabupaten Sleman secara keseluruhan mencakup sekitar 3.400 bidang.

Namun dari jumlah itu ada bidang-bidang tanah yang berbentuk fasum sehingga tidak diganti rugi dalam bentuk uang, melainkan bangunan pengganti.

Jika dijumlah, total bidang tanah yang harus dibayarkan ada sebanyak 2744 bidang tanah. Menurut data terakhir jumlah bidang tanah tanah terdampak Tol Jogja-Solo Seksi 3 ruas Jogja-YIA Kulonprogo yang telah bebas mencapai 288 bidang. Capaian ini jika dipersentasekan setara 10,49 persen.

"Itu belum termasuk yang ini [ganti rugi di Sumberrahayu]," kata Hary, Senin (14/10/2024). (Anisatul Umah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Buka Pelatihan Santri Jadi Content Creator dan Mahir AI, Ini Link Pendaftarannya!

News
| Kamis, 17 Oktober 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement