Advertisement

TPS3R Banguntapan di Kompleks TPST Modalan Telah Diuji Coba, Ini Hasilnya

Jumali
Rabu, 23 Oktober 2024 - 17:17 WIB
Sunartono
TPS3R Banguntapan di Kompleks TPST Modalan Telah Diuji Coba, Ini Hasilnya TPST Modalan. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul memastikan TPS3R yang digunakan sebagai rumah pilah untuk TPST Modalan, telah menjalani uji coba.

TPS3R yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten Bantul itu mampu mengolah sampah sebanyak 5 ton pada uji coba beberapa waktu lalu dan output dari TPS3R tersebut adalah Refuse Derived Fuel (RDF).

Advertisement

Sekda Bantul Agus Budiraharja mengatakan, uji coba TPS3R yang berada di depan TPST Modalan tersebut telah dilakukan beberapa hari lalu. Uji coba di TPS3R tersebut berjalan lancar dan mampu mengolah sampah yang berasal dari wilayah Banguntapan sebanyak 5 ton.

BACA JUGA : Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Modalan Bantul Didesain Ramah Lingkungan

"Untuk outputnya dalam bentuk RDF. Itu kapasitas maksimalnya 10 ton per hari dan hanya satu modul. Output RDF yang ada juga cukup bagus karena sudah memenuhi standar yang diterapkan," kata Agus, Rabu (23/10/2024).

Meski demikian, Agus mengakui masih perlu ada beberapa penyesuaian terkait dengan operasional TPS3R tersebut. Alasannya, pengoperasionalan TPS3R tersebut menggunakan karyawan baru yang diambilkan dari warga sekitar. Selain itu, alur operasional TPS3R juga harus lebih diefektifkan lebih lanjut.

"Dan, ini terus berproses. Memang itu dulu namanya rumah pilah. Kami coba up sambil nunggu TPST Modalan yang outputnya karbonasi beroperasi optimal," kata Agus.

Terkait distribusi RDF, Agus mengungkapkan, pengelola TPS3R Banguntapan saat ini telah melakukan kerja sama dengan PT SBI Cilacap. PT tersebut, tidak hanya menampung, RDF hasil olahan TPS3R Banguntapan, akan tetapi juga RDF olahan TPST Dingkikan, Argodadi, Sedayu.

"Dan, dari dulu kami memang minta TPS3R yang ada di Bantul untuk lebih dioptimalkan, dan ditingkatkan. Meski kapasitas kecil, tapi kalau TPS3R banyak beroperasi, pasti efektif menangani sampah, sembari menunggu TPST yang ada beroperasi optimal," ungkapnya.

BACA JUGA : Pembangunan TPST Modalan Banguntapan Capai 98 Persen

Lurah Banguntapan Basirudin mengakui DLH Kabupaten Bantul telah membangun TPS3R di depan TPST Modalan. Selain itu, pihak kalurahan dan DLH juga melakukan pelatihan tenaga untuk operasional TPS3R dengan teknologi RDF tersebut. Sedangkan untuk pengelolaan, nantinya TPS3R yang difungsikan untuk memilah sampah sebelum masuk ke TPST Modalan itu ke depan, kata Basirudin, akan diserahkan ke pihak BUMKal Banguntapan.

"Sementara, kami juga ada rencana untuk membangun satu rumah pilah lainnya di lokasi yang lain. Karena saat ini alatnya juga sudah ada. Rencana kami November nanti akan kami bangun menggunakan APBKal," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahfud MD Sebut Yusril Tidak Berhak Mengatakan Tragedi 98 Bukan Pelanggaran HAM Berat

News
| Rabu, 23 Oktober 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement