Advertisement

Dishub Bantul Mengajukan Tambahan Armada Mobil Skylift untuk Pengganti LPJU di APBD 2025 Senilai Rp1,3 Miliar

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 24 Oktober 2024 - 19:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Dishub Bantul Mengajukan Tambahan Armada Mobil Skylift untuk Pengganti LPJU di APBD 2025 Senilai Rp1,3 Miliar Ilustrasi perawatan LPJU - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mengajukan tambahan armada mobil skylift untuk penggantian lampu penerangan jalan (LPJU) tahun depan. Hal itu lantaran jumlah armada yang ada dinilai masih terbatas.

Kepala Bidang Perlengkapan Jalan Dishub Bantul, Agus Sutomo menyampaikan saat ini hanya ada dua armada skylift roda enam di Bantul. Armada tersebut masing-masing digunakan untuk melayani wilayah Bantul Timur dan Bantul Barat.

Advertisement

BACA JUGA: TPS3R Banguntapan di Kompleks TPST Modalan Telah Diuji Coba, Ini Hasilnya

Armada tersebut menurut Agus juga hanya dapat digunakan di jalan kabupaten atau provinsi, dan beberapa jalan desa. Hal itu lantaran beberapa lebar jalan desa tidak mampu dilintasi skylift roda enam. Karena itu, menurtunya, diperlukan tambahan skylift.

"Kita membutuhkan tambahan truk angkel roda empat yang bisa digunakan untuk [perbaikan LPJU] di jalan desa," ujarnya, Kamis (24/10/2024).

Dia menuturkan selama ini ketika ada aduan kerusakan LPJU di jalan desa, maka Dishub Bantul menggunakan tangga untuk perbaikannya. Dia pun mengaku kesulitan apabila ada beberapa ruas jalan desa yang LPJU-nya perlu diperbaiki. Karena, keterbatasan jumlah skylift, ketika ada aduan kerusakan LPJU, maka perbaikan LPJU pun tidak bisa dilakukan secara bersamaan. 

Padahal menurut Agus perbaikan LPJU perlu dilakukan dengan segera lantaran penerangan jalan menjadi salah satu faktor penunjang keselamatan pengguna jalan. Keberadaan LPJU yang memadai menurutnya akan menekan angka kecelakaan pula.

Karena itu, menurut Agus, pihaknya mengajukan tambahan satu unit skylift pada anggaran tahun 2025 senilai Rp1,3 miliar.  "Kalau kita tambah sky left kecil [roda empat] bisa digunakan untuk perbaikan [LPJU] di jalan desa," katanya. 

Dia berharap pengajuan tersebut dapat terealisasi tahun depan, sehingga penggantian LPJU bisa lebih efektif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hadapi Tantangan Geografis, PAFI Kabupaten Nduga Pastikan Distribusi Obat Tetap Lancar

News
| Kamis, 24 Oktober 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement