Advertisement

Ada Program Pembangunan Strategis Belum Mencapai 50%, Pemkot Jogja Optimistis Selesai Sesuai Target

Lugas Subarkah
Senin, 28 Oktober 2024 - 17:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Ada Program Pembangunan Strategis Belum Mencapai 50%, Pemkot Jogja Optimistis Selesai Sesuai Target Ilustrasi proyek pembangunan. - Harian Jogja/freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Pemkot Jogja terus mengebut pengerjaan sejumlah progam pembangunan strategis 2024. Walau masih ada proyek yang progresnya di bawah 50%, Pemkot Jogja optimistis semua dapat selesai akhir tahun sesuai target.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Umi Akhsanti, menjelaskan proyek strategis yang dikerjakan DPUPKP Kota Jogja ada lima, yakni pembangunan Saluran Air Hujan (SAH) Giwangan, pembangunan Gedung SMPN 10, Penataan Permukiman Kumuh Terban.

Advertisement

BACA JUGA: Semua Proyek Perbaikan Jalan Senilai Rp81 Miliar Ditarget Selesai Sebelum Akhir Desember

Selain itu, pemeliharaan Berkala Jalan Gedongkuning dan Pembangunan Gedung Taman Budaya Embung Giwangan tahap 2. Proyek strategis yang progresnya masih di bawah 50% yakni pembangunan SMPN 10 Jogja. “Masih ada satu paket  yang dibawah 50 persen, SMPN 10 Jogja, per 27 Oktober 2024 progresnya 46 persen. Kami optimis selesai sampai akhir tahun,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (28/10/2024).

Adapun progres pekerjaan lainnya meliputi pembangunan SAH Giwangan 80%, penataan permukiman kumuh Terban 55 %, pemeliharaan berkala jalan Gedongkuning progres 100% dan pembangunan gedung Taman Budaya Embung Giwangan tahap 2 54%.

Kelima paket ini menggunakan anggaran meliputi pembangunan SAH Giwangan dengan nilai kontrak Rp2,9 miliar, pembangunan gedung SMPN 10 Jogja dengan nilai kontrak Rp3,8 miliar, penataan permukiman kumuh Terban dengan nilai kontrak Rp2,5 miliar, pemeliharaan berkala Jalan Gedongkuning dengan nilai kontrak Rp6,4 miliar, pembangunan Gedung Taman Budaya Embung Giwangan tahap 2 dengan nilai kontrak Rp20 miliar.

Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Jogja, Baharuddin Kamba, menuturkan untuk pengerjaan yang progresnya masih di bawah 50% diharapkan para pelaksana atau kontraktor dengan menambah tenaga di lapangan dan lembur agar pelaksanaan pengerjaan tepat waktu.

Hal tersebut diperlukan untuk mengejar target tanpa mengurangi kualitas pengerjaan. “Tidak dilakukan dengan instan dan terburu-buru alias kejar tayang. Catatan Forpi Kota Jogja, yang paling utama adalah tidak kejar tayang. Tidak asal-asalan dalam pengerjaannya karena mengejar waktu harus rampung,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kementerian ESDM Janji Tindak Lanjuti Temuan BPK soal 4 Pertambangan Nikel Tanpa Izin

News
| Senin, 28 Oktober 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Ramah Vegan

Wisata
| Minggu, 27 Oktober 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement