Jelang Lebaran, Begini Rencana Pelaksana Proyek Revitalisasi Malioboro

Ilustrasi jalur pedestrian Malioboro. - JIBI/Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
10 April 2018 19:20 WIB I Ketut Sawitra Mustika Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Proyek penataan sisi barat Malioboro akan dihentikan sementara pada H-7 sampai H+7 Lebaran 2018. Untuk itu kontraktor menargetkan cor beton induk bisa selesai sepenuhnya sebelum Idulfitri supaya wisatawan tetap punya akses, meski masih terbatas.

Manajer PT F. Syukri Balak, kontraktor penataan sisi barat Malioboro, Eri Purnomo mengatakan pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik toko meminta proyek libur dari H-14 sampai H+14. Tapi akhirnya libur sepenuhnya diputuskan H-7 sampai H+7.

"Jadi yang tujuh hari sebelum H-7 kami persiapkan colling down. Kami rapikan dan lubang kami tutup mulai dua pekan sebelum Lebaran. Lubang kami tutup untuk keamanan. Tapi, tetap ada water barrier dan police line untuk penanda daerah mana yang tidak boleh dilewati. Meskipun lubang ditutup tapi tolong jangan dilewati," ucap Eri di ruang kerjanya, Selasa (10/4/2018).

Eri memastikan pada H-7 sampai H+7 tak ada pekerjaan sama sekali. Bahkan sejak H+7 sampai H+14 pun pengerjaan belum sepenuhnya dilakukan.

Pada periode itu kemungkinan tenaga kerja baru akan mulai kembali berdatangan. Pengerjaan diperkirakannya bakal kembali berjalan efektif pada H+14.

Sebelum Lebaran tiba, kata Eri, pihaknya menargetkan cor lantai beton sudah selesai seluruhnya. Tetapi hingga kini dua titik pengerjaan diakuinya belum ada keputusan, yakni trotoar di depan Kantor Pos Besar Jogja dan depan eks Bioskop Indra.

"Depan kantor pos itu belum ada keputusan. Masih ada perbincangan antara Dinas Perhubungan kota dan Pemkot. Eks bioskop Indra juga masih jadi perbincangan. Apakah dieksekusi kami atau kontraktor yang mengerjakan di sana [sentra PKL]. Semoga target kami sebelum lebaran sudah ada keputusan. Apakah akan kami kerjakan atau enggak. Kalau tidak, ya akan kami tinggal," kata dia.

Ia merinci, hingga Sabtu (7/4/2018) cor betok induk sudah dilakukan sepanjang 7.000 meter dari total area yang mencapai 15.000 meter. Pada akhir April atau pertengahan Mei, tahap cor beton induk dia mengklaim bakal selesai sepenuhnya.

"Cor teraso pun mulai pekan ini akan dilakukan. Dari utara sampai selatan. Memang kami mendulukan selasar toko. Di depan toko kami bagi dua, satu sisi dicor dan sisi sebelahnya tidak biar ada akses. Kalau sudah kering baru sisi satunya dikerjakan. Cor teraso keringnya agak lama. Harapan kami sebelum lebaran ada sebagian yang sudah diteraso.”