Advertisement

TMMD Usai, Dandim Kulonprogo Ajak Warga Gunakan Hak Pilih

Uli Febriarni
Kamis, 03 Mei 2018 - 21:17 WIB
Nina Atmasari
TMMD Usai, Dandim Kulonprogo Ajak Warga Gunakan Hak Pilih Pemberian bantuan sembako secara simbolis kepada warga, di sela apel penutupan TMMD Sengkuyung I TA 2018, di Lapangan Sidorejo, Lendah, Kamis (3/5/2018). - Istimewa/Kodim 0731 Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2018 resmi berakhir.

Program yang dikerjakan selama 30 hari di Desa Sidorejo, Kecamatan Lendah itu telah melakukan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) di wilayah setempat.

Advertisement

Koordinator Lapangan Kapten Inf. Triyono (Pasiter) dalam laporannya mengatakan, dari program itu, telah dicapai hasil berupa sasaran fisik meliputi corblok jalan seluas 1,025 x 2,5 x 0,12 m, pembuatan pos kamling satu unit, penyelesaian tempat wudhu dan kamar Masjid Al-Ikhlas satu unit.

Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan pertanian, penyuluhan pendewasaan usia perkawinan, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan. Dilakukan pula penyuluhan penanggulangan bahaya kebakaran, bencana alam, penyuluhan bencana narkoba, kamtipmas dan terorisme.

Ia menambahkan, pelaksanaan program TMMD Sengkuyung I melibatkan lebih kurang 103 personel tiap harinya. Rinciannya, unsur Kodim 0731/KLP, Satradar 215/Congot Kanminvetcad IV/17, Pos TNI AL, Polres Kulonprogo, Tagana, Satpol PP, Masyarakat dan Aparat Pemerintah.

"Selama pelaksanaan TMMD, relatif tidak ada hambatan yang berarti berkat kerjasama dan dukungan semua pihak. Sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik sesuai rencana," kata dia, dalam upacara penutupan TMMD Sengkuyung I, di Lapangan Sidorejo, Kamis (3/5/2018).

Dandim 0731 Kulonprogo, Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman menyatakan, program TMMD memiliki beberapa sasaran. Antara lain meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat dan menumbuhkan semangat kebersamaan. Melestarikan gotong-royong, rasa kekeluargaan, partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, serta terwujudnya tugas bantuan kepada Pemda dalam rangka pembangunan fisik maupun non fisik.

"Kami selanjutnya mengajak kepada masyarakat Kulonprogo untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilihan umum mendatang. Mampu menghargai berbagai pilihan, dan turut serta membangun sistem pertahanan negara agar keutuhan NKRI tetap terjaga," imbuhnya.

Salah seorang warga, Adi Sumarto mengaku senang dengan adanya program TMMD. Karena dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat perdesaan.

Di kesempatan yang sama, Kodim 0731/Kulonprogo menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat, sebanyak 50 paket, dilakukan dengan penyerahan secara simbolis oleh Dandim. Acara penutupan TMMD diakhiri dengan pementasan tari angguk putri dari Desa Sidorejo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement