Advertisement

Pakar : Letusan Freatik Merapi Mirip Wajan Berisi Minyak Panas Disiram Air

Bhekti Suryani
Jum'at, 11 Mei 2018 - 13:40 WIB
Bhekti Suryani
Pakar : Letusan Freatik Merapi Mirip Wajan Berisi Minyak Panas Disiram Air Pantauan puncak Gunung Merapi pada Jumat (10/5/2018) pagi pukul 06.40 WIB. - Istimewa/Twitter @BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Gunung Merapi pada Jumat pagi (11/5/2018) kembali aktif dengan mengeluarkan asap disertai debu vulkanik.

Bahkan sebaran debu hampir mencapai Kota Jogja. Kepala Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM Djati Mardiatno mengatakan letusan Gunung Merapi kali ini merupakan erupsi freatik dimana terjadi kontak antara magma dengan air yang menyebabkan keluarnya asap menyembur keluar melalui kolom menuju puncak Merapi.

Advertisement

Namun begitu status Merapi masih normal. “Jadi ada air yang berkontak dengan magma, mirip seperti air yang dimasukkan dalam wajan yang berisi minyak goreng tengah panas, muncul percikan,” kata Djati melalui rilis, Jumat (11/5/2018).

Djati menilai kontak antara air dengan magma disebabkan adanya retakan baru pada kawah yang menyebabkan air tanah masuk ke dalam magma. Namun begitu, adanya retakan tersebut menurutnya proses alami karena aktivitas magma merapi yang selalu aktif. “Kasus Merapi mengalami letusan freatik ini pernah terjadi sebelumnya,” katanya.

Kepulan asap yang keluar dari puncak merapi tidak hanya mengeluarkan uap air namun juga membawa pasir dan debu. Sebaran debu pun menurutnya akan menyebar menyesuaikan dengan arah angin berhembus. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

WhatsApp Bocor, Israel Dikabarkan Gunakan Data untuk Serang Rumah Warga Palestina

News
| Rabu, 24 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement