Advertisement

Fiuh, Sempat Terkendala Banyak Hal, Akhirnya KPU Kota Jogja Rampungkan Coklit

Abdul Hamied Razak
Kamis, 17 Mei 2018 - 22:20 WIB
Arief Junianto
Fiuh, Sempat Terkendala Banyak Hal, Akhirnya KPU Kota Jogja Rampungkan Coklit Ilustrasi parpol peserta pemilu. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) KPU Jogja menyelesaikan proses verifikasi atau pencocokan dan penelitian (coklit) sesuai target, Kamis (17/5/2018). KPU mengklaim seluruh pemilih telah terverifikasi meski ada sebagian yang tidak bisa ditemui secara langsung.

Ketua KPU Jogja Wawan Budiyanto mengatakan penduduk di Kota Jogja memiliki tipikal yang beragam. Mulai dari tingginya tingkat aktivitas warga hingga banyaknya penduduk urban dari luar daerah. Kondisi itu yang diakuinya jadi salah satu kendala bagi para pantarlih bekerja. Selain banyaknya pemilih dalam daftar yang belum bisa ditemui, usulan pemilih baru yang tidak tercantum dalam daftar pun berdatangan.

Advertisement

Meski begitu, dia memastikan seluruh kejadian selama proses verifikasi tetap dicatat dengan baik oleh pantarlih. Termasuk kalangan mahasiswa luar daerah yang sudah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan berniat menggunakan hak pilihnya Pemilu 2019 di Jogja. "Pemilih yang sulit ditemui karena aktivitasnya yang tinggi, verifikasi tetap sah dengan koordinasi perangkat RT atau RW. Yang penting validitas nama dan anggota keluarganya bisa dipertanggungjawabkan," kata Wawan.

Wawan menambahkan, sebanyak 1.365 pantarlih terlibat memverifikasi 304.926 pemilih yang masuk dalam daftar. Sesuai prosedur, masing-masing Pantarlih mendatangi rumah setiap warga agar bisa bertemu langsung. "Laporan yang kami terima, hanya ada beberapa rumah yang belum bisa didatangi. Kami pastikan dituntaskan hari ini (kemarin)," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement