Advertisement

Lebaran 2018, Ini Skenario Lalu Lintas di Jogja

I Ketut Sawitra Mustika
Jum'at, 18 Mei 2018 - 06:17 WIB
Nina Atmasari
Lebaran 2018, Ini Skenario Lalu Lintas di Jogja Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Perhubungan DIY mempersiapkan dua program untuk menyambut Lebaran 1439 hijriah. Program-program yang dipersiapkan ditujukan demi meminimalisir kecelakaan dan memperlancar arus lalu lintas.

"Di dalam persiapan angkutan lebaran, ada dua program yang disiapkan Dinas Perhubungan dengan instansi terkait. Pertama, tentang peningkatan keselamatan penumpang. Kalau bisa zero accident. Yang [program] kedua, kelancaran lalu lintas," ujar Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Rahardjo di Kompleks Kepatihan, Rabu (16/5/2018).

Advertisement

Untuk meminimalkan kecelakaan, kalau bisa tidak ada, Dinas Perhubungan DIY akan melakukan ramp chech. Angkutan Lebaran, mulai dari bus antarkota antarprovinsi (AKAP), antarkota dalam provinsi (AKDP) sampai angkutan perkotaan akan diinspeksi para petugas. Tak lupa, kesehatan sopir akan diperiksa.

Adapun untuk kelancaran lalu lintas, sambung Sigit, akan disiapkan tiga strategi. Pertama, rekayasa lampu lintas, dan penyampaian informasi melalui Variable Message Signs (VMS). Strategi kedua adalah melakukan rekayasa lalu lintas, dan ketiga mengimbau pelaku bisnis, baik hotel dan rumah makan agar tidak menggunakan badan jalan.

"Pas Lebaran tidak ada jalan yang ditutup. Malioboro pun demikian. Hanya dibuka tutup kalau ada hal-hal tertentu. Sementara untuk parkir akan memaksimalkan sirip-sirip Malioboro, karena kondisinya sekarang seperti saat ini. Tempat parkir di Jalan Beskalan baru dibikin. Eks Bioskop Indra juga belum selesai dibangun," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Gatot Saptadi mengatakan, agar Lebaran 2018 bisa dilalui dengan lancar tanpa banyak kendala, Pemda DIY beserta dengan Polda DIY dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY akan menggelar rapat koordinasi pada Senin (21/5/2018). Rapat akan dipimpin langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Sebelum rapat koordinasi Senin mendatang, sambung Gatot, pada Rabu (16/5/2018) telah digelar rapat persiapan. "Kalau kemarin kami hanya setting siapa yang akan paparan dan yang sampaikan informasi. Nanti Senin, terkait dengan angkutan akan disampaikan Dinas Perhubungan. Sementara untuk harga akan disampaikan teman-teman Disperindag [Dinas Perindustrian dan Perdagangan] dan BI."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement