Advertisement

Tagana Buka Dapur Umum di Gunung Merapi

Newswire
Kamis, 24 Mei 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Tagana Buka Dapur Umum di Gunung Merapi Gunung Merapi berstatus waspada, Selasa (22/5/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial langrung turun untuk menangani pengungsian di Gunung Merapi. Mereka melakukan pendampingan dan pendataan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Merapi.

"Sejak Kamis pukul tiga dinihari Tagana memberikan layanan dapur umum serta terus memantau situasi dan pergerakan warga, juga mendata dan pendampingan warga di tempat evakuasi," kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Margowiyono yang dihubungi di Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Advertisement

Gunung Merapi yang saat ini berstatus Waspada (Level II) kembali erupsi pada Kamis (24/5/2018) pukul 02.56 WIB dengan durasi empat menit dengan tinggi kolom letusan mencapai 6.000 meter. Pijar merah juga sempat terpantau saat terjadi letusan tersebut.

Akibatnya sekitar 300 jiwa warga Dusun Turgo melakukan evakuasi mandiri ke Lapangan dan SD Tritis. Begitu juga dengan 110 jiwa warga Kali Tengah Lor dan Kali Tengah Tritis juga evakuasi mandiri ke Balai Desa Glagaharjo.

Sebanyak 34 personel Tagana disiagakan di sejumlah posko untuk melakukan penanganan pengungsi.

Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meletus pada Kamis pukul 10.48 WIB dengan tinggi kolom letusan 1.500 meter.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menyatakan letusan terjadi selama durasi dua menit, amplitudo maksimal 44 mm, tinggi kolom letusan 1.500 m diamati dari PGM Selo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement