Advertisement

Selama Puasa, PIGa Mulai Ramai Dikunjungi Warga

Beny Prasetya
Minggu, 27 Mei 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Selama Puasa, PIGa Mulai Ramai Dikunjungi Warga Pengunjung memilih dan mengambil ikan di Pasar Ikan Gawok (PIGa), Minggu (25/5 - 2018).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pasar Ikan Gawok (PIGa) Wates kembali ramai dikunjungi warga. Saat Ramadan, banyak masyarakat yang datang untuk membeli ikan segar yang dijual. Sebelumnya PIGa sempat mengalami penurunan jumlah pembeli akibat penutupan selama tiga bulan untuk renovasi. Renovasi yang dimulai sejak Oktober hingga Desember 2017 sempat melenyapkan pelanggan pasar ikan yang dulunya bernama Kulonprogo Fish Centre itu.

Pengelola PIGa, Suryani, menyatakan kondisi PIGa saat ini terus membaik. Warga sekitar pasar dan pembeli dari Purworejo terus berdatangan untuk membeli ikan segar. "Saat ini sudah membaik ketimbang di awal pembukaan. Saat ini para pedagang berhasil menjual puluhan kilogram ikan setiap hari," kata perempuan yang biasa disapa Yani, Minggu (26/5/2018).

Advertisement

Yani berujar, komoditas ikan sisik seperti nila dan gurame menjadi dua komoditi yang paling laku selama bulan puasa ini. Kedua ikan tersebut banyak dicari sebagai menu berbuka puasa dan sahur. "Untuk ikan nila, mulai awal puasa setiap pekan rata-rata sudah laku sekitar 350 kilogram. Padahal biasanya 200 kilogram saja tidak habis. Untuk ikan gurami juga banyak dicari pembeli," katanya, Minggu.

Menurutnya, kedua jenis ikan itu selalu menjadi andalan lantaran tidak tersaingi oleh pasar tradisional. Pasalnya kedua ikan tersebut dijual dalam keadaan hidup dan segar. "Kalau lele tidak bisa, di pasar sudah banyak yang berjualan karena lele tidak mudah mati, beda dengan nila dan gurami," ujarnya.

Ia juga meminta pembudidaya ikan seperti lele, gurami dan nila untuk menjual hasil panen mereka ke PIGa. "Bisa dititipkan, kami bakal mengambil, untuk yang beli banyak juga bisa diantar," katanya.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo, Sudarmanto, meminta warga untuk tidak ragu untuk sekadar datang ke PIGa. Menurutnya, warga tak harus membeli saat datang. Menurutnya, saat ini PIGa memiliki warung makan ikan yang dapat dinikmati untuk opsi tempat berbuka puasa. Ikan yang diambil juga berasal dari ikan segar yang ada di PIGa. "Datang saja terlebih dahulu, kami ada tempat makan juga bisa jadi opsi buat berbuka puasa," ungkapnya. Dia berharap warga Kulonprogo ikut meramaikan pasar ikan terpadu itu, baik melalui pembelian dan penyetoran ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement