Advertisement

Kabar Gembira untuk Petani Kulonprogo, Saluran Induk Kalibawang Bisa Dibuka

Beny Prasetya
Sabtu, 09 Juni 2018 - 05:17 WIB
Nina Atmasari
Kabar Gembira untuk Petani Kulonprogo, Saluran Induk Kalibawang Bisa Dibuka Ilustrasi saluran irigasi. /Solopos - Burhan Aris Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO -- Saluran Induk Kalibawang yang ditutup untuk perbaikan Jembatan Talang Bowong akhirnya bisa dibuka kembali. Rencananya pembukaan saluran induk itu berlangsung dari Rabu (13/6/2018) hingga Senin (18/6/2018) mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Seksi Bina Manfaat, Bidang Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Kuntarso, Jumat (8/6/2018).

Advertisement

Menurutnya, Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) menerima usulan pengaliran air di saluran irigasi Kalibawang atas keinginan Camat Kalibawang, Hendri Usdiarka dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo.

Namun atas pertimbangan teknis berkaitan pekerjaan perbaikan saluran lain, keputusan tersebut tidak bisa dilakukan secepatnya. Pasalnya pengecoran saluran di bagian hulu masih memerlukan waktu penyelesaian.

“Rabu diperkirakan pengecoran lantai saluran di hulu saluran sudah kering, sudah bisa dialiri air, selain itu pertimbangan pekerja libur juga," ujarnya.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kulonprogo, Hepy Eko Nugroho menurutnya Pengaliran air ke saluran, katanya, tidak sampai ke lokasi pembangunan jaluran Jembatan Bowong di Brajan, Desa Banjararum. Pasalnya air setelah mencapai saluran di Kedungdrong, air dialirkan ke Sungai Tinalah.

"Semoga dengan keputusan BBWSSO tersebut tidak kesulitan mendapatkan air di masa Lebaran. Kalau bisa hingga akhir musim kemarau tahun ini, tidak perlu lagi melakukan droping air bersih,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement