Advertisement

Arus Mudik Belum Terlihat di Gunungkidul, Jalanan dan Terminal Masih Sepi

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 10 Juni 2018 - 05:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Arus Mudik Belum Terlihat di Gunungkidul, Jalanan dan Terminal Masih Sepi Jalan menuju Gunungkidul di kawasan Paruk tampak masih sepi, Sabtu (9/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Memasuki mudik Lebaran 2018, arus lalu lintas di Gunungkidul tampak masih lengang. Beberapa titik yang diprediksi akan ramai saat mudik kali ini masih belum ada peningkatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul Syarief Armunanto mengatakan menurut tim yang berada di lapangan belum ada kemacetan. Arus lalu lintas di jalan utama masih lancar.

Advertisement

“Belum ada lonjakan pemudik ataupun wisatawan. Menurut pantauan di Pos Siyono, Playen lancar, di Pos Patuk juga masih lancar. Diprediksi arus kendaraan akan meningkat besok pagi [Minggu (10/6)] mulai ada pemudik,” kata Syarief, Sabtu (9/6/2018).

Terminal di Semin yang dikatakan sudah siap menerima para pemudik, dinilai saat ini masih sepi. Termasuk jalan menuju kawasan wisata menurut Syarief masih sepi.

Pihaknya juga menyiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan, untuk pintu masuk barat yaitu Jalan Piyungan-Sorogedug-Jembatan sembada handayani-Nglanggeran-Wonosari. Lalu Jalan Piyungan-Petir Ngoro-oro-Nglanggeran-Wonosari, lalu Cinomati-Dlingo-Getas-Playen-Wonosari, tetapi ketiga jalan tersebut tidak dirkomendasaikan untuk angkutan besar.

Selain itu, Imogiri-Dlingo/Mangunan-Getas-Playen-Wonosari, Bantul-Panggang-Saptosari-Paliyan-Wonosari. Pintu masuk utara, Gedangsari-Nglanggeran-Wonosari tidak rekomendasi kendaraan besar, lalu Gedangsari-Nglipar-Wonosari, dan Cawas-Ngawen/Semin-Karangmojo/Nglipar-Wonosari. Untuk pintu masuk timur bisa melalui Sukoharjo-Candirejo-Semin-Karangmojo-Wonosari atauManyaran-Semin-Karangmojo-Wonosari, bisa juga melaluiPracimantoro-Bedoyo-Semanu-Wonosari.

Suasana Terminal Dhaksinarga, Sabtu (9/6/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Senada dengan Syarief, menurut Ketua Asosiasi Bus Malam di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, Agustinus, saat ini pemudik masih belum begitu terlihat di terminal. “Masih sepi, ya peningkatan yang datang memang ada tetapi belum banyak. Nanti mulai banyak biasanya H-3 atau H-4 Lebaran, dari Jakarta itu banyak yang pulang ke Gunungkidul,” katanya.

Dia mengatakan biasanya saat penumpang melonjak, aka nada bis tambahan yang disiapkan. “Nanti akan ada bis tambahan, menurut aturan bis tambahan memang harus lapor, sudah dikomunikasikan juga,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement