Advertisement

Libur Lebaran, TPR Pantai Depok Ditutup

Ujang Hasanudin
Senin, 18 Juni 2018 - 22:37 WIB
Nina Atmasari
Libur Lebaran, TPR Pantai Depok Ditutup Nelayan Mina Bahari Depok 45 menepikan perahu seusai menangkap ikan di tengah Pantai Depok, Minggu (1/4/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pariwisata Bantul menutup gerbang Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Pantai Depok karena padatnya arus lalu lintas menuju kawasan pantai Depok dan Parangtritis.

Bagi wisatawan yang hendak menuju Pantai Depok harus masuk melalui TPR Parangtritis, "Jalur Pantai Depok digunakan sebagai pintu keluar," kata Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Antoni Hutagaol, saat dihubungi seusai memantau Pantai Parangtritis dan Depok, Senin (18/6/2018).

Advertisement

Penutupan jalur menuju Pantai Depok dilakukan di Simpang Jalan Parangtritis, tepatnya di depan gerbang TPR Parangtritis. Antoni mengatakan wisatawan tidak perlu bingung dengan adanya rekayasa lalu lintas tersebut karena jalur Parangtritis ke Pantai Depok sudah bagus dan nyaman dilalui.

Tiket masuk kawasan Pantai Parangtritis dan Depok selama libur lebaran ini Rp10.000 per orang untuk sekali masuk kedua pantai tersebut. "Tiket tanda masuk sudah termasuk premi asuransi kecelakaan," kata Antoni.

Namun tarif tersebut belum termasuk retribusi parkir Rp10.000 untuk kendaraan mobil dan bus dan Rp2.000 untuk sepeda motor.

Antoni mengaku kunjungan wisatawan ke kawasan Parangtritis-Depok masih mendominasi dibanding ke obyek wisata lainnya. Hal itu karena pantai tersebut sudah dikenal oleh masyarakat. Selain itu juga akses yang mudah menuju pantai yang menjadi ikon wisata Kabupaten Bantul itu.

Antrian kendaraan terpantau ramai sejak Minggu (17/6/2018) kemarin. Bahkan pada Senin siang ini antrian kendaraan sepanjang sekitar dua kilometer menuju gerbang TPR Parangtritis. Peningkatan pengunjung terjadi sejak Sabtu pekan lalu tercatat 22.170 orang, meningkat dari Jumat yang hanya 6.530 orang.

Jumlah pengunjung kembali meningkat pada Minggu sebanyak 31.100 orang dalam sehari. "Hari ini sampai pukul 13.30 WIB ada 21.100 pengunjung," imbuh Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto. Jumlah petugas TPR pun ditambah dari 11 orang pada hari biasa menjadi 40 orang selama libur lebaran ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, sebelumnya memprediksi ada lebih dari 300.000 orang wisatawan berkunjung ke Bantul. Jumlah tersebut hanya di obyek wisata yang menyumbang pendapatan asli daerah (PAD), seperti Parangtritis, Samas, Goa Cemara, Pandansimo, Kuwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme. Belum termasuk obyek wisata yang dikelola masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement