Advertisement

Bikin SIM di Jogja, Siap-siap Dites Psikologi

Irwan A Syambudi
Jum'at, 22 Juni 2018 - 20:50 WIB
Bhekti Suryani
Bikin SIM di Jogja, Siap-siap Dites Psikologi Puluhan warga mengantre untuk memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) di mobil layanan SIM keliling di Stadion Kridosono, Kotabaru, Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Rencana pemberlakuan tes psikologi untuk pembuatan atau perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Polda Metro Jaya bakal diikuti daerah lain. Di DIY rencana itu masih dipersiapkan.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Pol Latief Usman mengatakan dalam sayarat pembuatan SIM, selain harus memenuhi umur di atas 17 tahun juga harus dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Untuk kesehatan jasmani warga pemohon SIM harus menyertakan surat keterangan sehat dari dokter. Sejumlah tes, baik tes praktik mengemudi ataupun tes tertulis tentang pengetahuan mengemudikan kendaraan juga harus dilewati.

Advertisement

Selain itu, tes juga dilakukan untuk mengetahui kelaikan secara rohani."Iya nanti akan ke sana sesuai aturan kan memang demikian, harus sehat jasmani dan rohani. Untuk sehat rohani ini sarananya dengan tes pskologi," kata dia, Jumat (22/6/2018).

Tes psikologi ini rencana baru akan diberlakukan di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada 25 Juni 2019. Sedangkan sejumlah wilayah lainnya seperti di Polda DIY hingga saat ini belum ada rencana pasti kapan pemberlakuan tes psikologi untuk pembuatan SIM.

Namun demikian, Latief tidak menampik bahwa pemberlakuan tes psikologi untuk pembuatan SIM dapat segera dilakukan."Sekarang kami masih mengkoordinasikan dan mempersiapkan prasarananya," kata dia.

Sementara itu, di tingkat daerah, Polres Sleman juga siap melaksanakan ketentuan tersebut jika memang sudah diberlakukan. "Sesuai dengan arahan pimpinan, kami siap," kata Kasat Lantas Polres Sleman, AKP Faisal Pratama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement