Advertisement

Ini Cara Mengakses E-Siks Disbud Sleman

Fahmi Ahmad Burhan
Sabtu, 23 Juni 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Ini Cara Mengakses E-Siks Disbud Sleman e-SIKS - Play Store

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman membuat Progam Elektronik Sistem Informasi Kebudayaan Sleman (e-SIKS) yang sebelumnya telah diuji coba dan resmi diterapkan. Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantoro mengatakan, harapannya ketika e-SIKS bisa diakses, pelayanan akan bisa dipercepat. Bagaimana mengaksesnya?

Ia menjelaskan, untuk mendapatkan aplikasi e-SIKS bisa melalui Play Store kemudian instal. Selanjutnya masuk aplikasi lewat gmail, masukkan entri data sesuai proposal yang telah dilegalisasi Pemerintah Desa dan Kecamatan melalui menu aplikasi. Setelah itu entri data memenuhi persayaratan, maka akan memperoleh Nomor Induk Kebudayaan (NIK) yang akan muncul di Aplikasi. Dengan mempunyai NIK ini kelompok maupun individu dapat memperoleh fasilitasi pembinaan, fasilitasi kegiatan dan fasilitasi hibah.

Advertisement

"Tujuan aplikasi e-SIKS adalah untuk mengembangkan dan melestarikan budaya daerah serta menjaga keberlanjutan kebudayaan di Kabupaten Sleman dengan cara inventarisasi melalui pendataan individu ataupun kelompok kebudayaan secara partisipatif," ungkap Aji.

Sementara, sasaran program aplikasi e-SIKS ini adalah induk kelompok kebudayaan yang merupakan wadah masyarakat pelaku kebudayaan, kelompok masyarakat pelaku kebudayaan, kelompok masyarakat pembinaan kebudayaan, sanggar, aktivis, pemerhati budaya, maupun individu pelaku kebudayaan dan pegiat kebudayaan.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik peluncuran layanan kebudayaan Kabupaten Sleman ini. "Cara ini sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi dan layanan kebudayaan di Sleman. Dengan berbagai kemudahan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk berkiprah di bidang budaya, sehingga ke depan pembangunan kebudayaan di Sleman bisa semakin berkembang," ujar Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement