Advertisement

Duh, Dampak Lebaran, Gunungan Sampah di TPAS Tambah Tinggi

Arief Junianto
Minggu, 24 Juni 2018 - 16:20 WIB
Arief Junianto
Duh, Dampak Lebaran, Gunungan Sampah di TPAS Tambah Tinggi Foto ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogjacom, GUNUNGKIDUL—Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari, Desa Baleharjo, Wonosari bakal meningkat bulan ini. Libur Lebaran diduga menjadi faktor peningkatan tersebut.

Koordinator TPAS Wukirsari Rusdiyanto mengatakan volume sampah yang ditampung di TPAS Wukirsari pada awal Juni hingga hari ini diperkirakan mencapai 5.000 meter kubik. Lebih besar dibanding bulan-bulan sebelumnya yang berada di kisaran 3.000 hingga 3.500 meter kubik.

Advertisement

"Perkiraan sementara segitu [5.000 meter kubik] dilihat dari banyaknya sampah yang kemarin kami angkut. Data validnya menunggu akhir bulan ini [Juni]," ujar Koordinator TPAS Wukirsari, Rusdiyanto, Minggu (24/6/2018).


Adapun TPAS Wukirsari menerima kurang lebih 250 meter kubik sampah perhari selama libur lebaran. Sedangkan untuk hari biasa berkisar 140-160 meter kubik.
Momen libur Lebaran menurut Rusdiyanto menjadi faktor peningkatan volume sampah. Hal ini lantaran banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul selama libur tersebut.

Sebagaimana diketahui jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata menurut data Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul mencapai 300.000 wisatawan selama libur lebaran tahun ini. Sementara itu menurut prediksi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul setiap wisatawan menghasilkan tujuh ons sampah.

Meski ada peningkatan menurut Rusdiyanto tidak lebih banyak dibanding tahun lalu. Sebab armada pengangkut sampah untuk tahun ini hanya mengangkut sampah dua kali rit.

"Tahun lalu bisa bolak-balik tiga kali," ujarnya.
Rusdiyanto mengatakan selain di obyek wisata, produksi sampah juga berasal dari limbah pasar dan rumah tangga. "Kalau di pantai dan pasar kebanyakkan [sampah] plastik dan sayur-mayur," jelasnya.
Dia menambahkan pada saat malam takbir sampah yang dihasilkan masyarakat juga makin banyak. Bahkan petugas kebersihan diakuinya tidak libur pada saat momen tersebut. "Memang [banyak] sampah di sekitar alun-alun saat malam takbir, didominasi sampah kertas," imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement