Advertisement

SDM Pariwisata di Kulonprogo Mulai Dibenahi

Uli Febriarni
Senin, 25 Juni 2018 - 17:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
SDM Pariwisata di Kulonprogo Mulai Dibenahi Suasana sore hari di Pantai Pasir Kadilangu, tepatnya di Jembatan Kadilangu yang masih ramai pengunjung, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mulai berbenah dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang profesional dalam mengelola wisata di Kulonprogo.

Kepala Seksi Usaha dan Jasa Pariwisata Dispar Kulonprogo Endah Supeni mengungkapkan, saat ini pariwisata berbasis masyarakat berkembang pesat. Dispar menilai perlu untuk memberikan pelatihan kuliner dan homestay kepada pelaku wisata.

Advertisement

Ia menyebutkan, di Kulonprogo ada begitu banyak desa wisata dan objek wisata. Namun, baru ada lima lokasi yang mampu menangkap potensi wisata hingga menyediakan homestay. Antara lain Nglinggo dan Suroloyo, Kecamatan Samigaluh, Desa Wisata Banjaroya, Kecamatan Kalibawang. Kemudian Segajih, Hargotirto, di Kokap dan kawasan Ayunan Langit Purwosari, di Girimulyo.

Beberapa pelatihan atau pengembangan kapasitas yang diberikan antara lain pelatihan boga, pengelolaan homestay, pelayanan ramah, penggunaan bahasa asing dan pelatihan menjadi pemandu wisata.

"Kami berharap, para pelaku wisata ini mampu memberikan pelayanan yang bagus, ramah, dan memasak secara higienis. Persiapan SDM pelaku wisata juga dilakukan untuk menyambut percepatan pengembangan wisata di Kulonprogo," kata dia, Minggu (24/6/2018).

Ia mengatakan sampai saat ini, jumlah homestay yang terdata sebanyak 260 rumah. Jumlah ini kemungkinan bisa bertambah. Karena pelaku wisata atau Pokdarwis belum membuat laporan secara rinci.

Dari 260 homestay di Kulonprogo itu, terdata sebanyak 100 unit ada di Banjaroya, Kalibawang. Mayoritas di antaranya digunakan untuk kegiatan live-in.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 47 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement