Advertisement

Pengelolaan Wisata Kulonprogo Masih Banyak Kekurangan

Uli Febriarni
Senin, 25 Juni 2018 - 23:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pengelolaan Wisata Kulonprogo Masih Banyak Kekurangan Suasana sepi damai hari di Puncak Ngepoh yang belum banyak dikunjungi wisatawan, Jumat (4/5/2018). - Harian Jogja/Beny Prasetya

Advertisement

Harianjogja.com, KULONRPOGO-Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo, Niken Probo Laras mengungkapkan pembenahan harus dilakukan setelah Dispar menyadari bahwa infrastruktur, pelayanan maupun performa pengelolaan pariwisata di Kulonprogo masih memiliki banyak kekurangan.

Terlebih lagi, Kulonprogo harus mulai mempersiapkan diri menghadapi beroperasinya New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan didapuk menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Borobudur.

Advertisement

"Pembenahan perlu dilakukan mulai dari fasilitas yang ada, paket hiburan, kerja sama antara desa wisata dan Kelompok Sadar Wisata dalam menjalankan tugas pokok menyosialisasikan Sapta Pesona Pariwisata," ujar dia Minggu (24/6/2018).

Langkah awal dimulai dengan mengadakan pertemuan rutin bersama Pokdarwis dan pelaku wisata. Membahas berbagai persoalan yang dihadapi mereka dalam mengelola wisata. Selain itu, membahas perlunya kemampuan pengelola wisata dalam menangkap potensi yang muncul, dari adanya fenomena rekreasi sebagai bagian gaya hidup masyarakat, yang muncul di banyak daerah di Indonesia. Misalnya, lewat mengembangkan pariwisata kuliner hingga wisata berbasis keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement