Advertisement

Jogja Outer Ringroad Bakal Melewati 20 Desa di Sleman, Ini Kawasannya

Irwan A Syambudi
Jum'at, 29 Juni 2018 - 09:17 WIB
Nina Atmasari
Jogja Outer Ringroad Bakal Melewati 20 Desa di Sleman, Ini Kawasannya Foto ilustrasi. - Solopos/Ivanovich Aldino

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Rute Jogja Outer Ringroad (JORR) bakal melewati sedikitnya 20 desa di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Sleman Kunto Riyadi mengatakan saat ini proses pembangunan JORR yang melintasi Kabupaten Sleman sudah sampai tahap pembahasan trase jalan atau sumbu jalan.

Advertisement

“Yang sudah dilakukan pembahasan trase dan sosialisasi dalam rangka penyusunan Amdal [analisi dampak lingkungan],” katanya kepada Harianjogja.com, Kamis (28/6/2018).

Sementara itu untuk mulai pembebasan lahan, secara pasti pihaknya belum mengetahui. Pasalnya JORR sendiri merupakan proyek jalan nasional yang ditangani langsung oleh Satuan Kerja Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional. Oleh karena itu pihaknya hanya akan sebagai pendukung untuk ketersediaan lahan yang dibutuhkan.

“Biasanya [mulai pembebasan lahan] setelah selesai [penyusunan] DED [detail engineering design],” ujar Kunto.

Berdasarkan perencanaan, dari JORR sepanjang 113,413 kilometer (Km) yang melintas di Sleman di sisi utara yakni sepanjang 49,714 Km. Di sisi utara tersebut meliputi dua desa di Kecamatan Minggir, lima desa di Kecamatan Tempel, dua desa di Kecamatan Turi, dua desa di Kecamatan Pakem, dua desa di Kecamatan Cangkringan, satu desa di Kecamatan Ngemplak, dan dua desa di Kecamatan Kalasan.

Sementara itu, di sisi selatan yang menguhubungan dengan Kabupaten Bantul, ada tiga desa di Kecamatan Prambanan, dan satu desa di Kecamatan Kalasan yang dilalui rute JORR .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement