Advertisement

Minat Baca Tinggi, Jogja Bagian Selatan Akan Punya Perpustakaan Kota

Salsabila Annisa Azmi
Senin, 02 Juli 2018 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Minat Baca Tinggi, Jogja Bagian Selatan Akan Punya Perpustakaan Kota Orang tua dan anak-anak SD mengikuti acara Liburan di Perpustakaan Kota Jogja, Senin (2/7/2018). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Menanggapi animo masyarakat mengunjungi Perpustakaan Kota Jogja semakin tinggi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja akan membangun perpustakaan di kawasan Jogja Selatan. Proyek pembangunan yang telah dipersiapkan sejak dua tahun silam itu ditarget selesai pada November 2018.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jogja Wahyu Hendratmoko mengatakan, kapasitas lahan parkir Perpustakaan Kota Jogja sebanyak 70 kendaraan dinilai sudah tidak layak menampung jumlah kunjungan yang makin meningkat.

Advertisement

"Kapasitas kendaraan hanya 70, sedang pergantian kendaraannya sudah sangat cepat. Dalam sehari tingkat kunjungan bisa mencapai sekitar 1400 orang, kalau akhir pekan hingga Senin pernah mencapai 2.000 orang. Jadi ya bisa dibilang sudah tidak layak," kata Wahyu disela acara Liburan di Perpustakaan, Senin (2/7/2018).

Wahyu mengatakan, daripada memperluas bangunan Perpustakaan Kota Jogja saat ini atau melakukan pemindahan, pendirian perpustakaan di Jogja selatan tepatnya di Jalan Mayjend Sutoyo dirasa lebih memungkinkan. Nantinya sebuah gedung di Timur perempatan Gading akan disulap menjadi perpustakaan dengan fasilitas serupa Perpustakaan Kota Jogja.

"Tinggal renovasi saja. Kami memang sudah rencanakan ini [perpustakaan baru] sejak dua tahun silam, kemudian sudah disetujui pak Walikota. Jadi nanti renovasi akan dibiayai oleh alokasi dana APBD sekitar Rp600 juta, kami mengerjakan bersama Dinas Pekerjaan Umum, kata Wahyu.

Wahyu menambahkan saat ini pihaknya tengah mempersiapkan penjaringan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengadaan arsip buku. Pasalnya, kondisi SDM dan arsip di perpustakaan saat ini tidak mungkin dialokasikan sebagian untuk perpustakaan baru. Lebih jauh Wahyu mengatakan target pada November 2018 perpustakaan baru sudah siap dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement