Agar Nelayan dan Pengunjung Nyaman, Sejumlah TPI Bakal Direhabilitasi

Nelayan menepikan perahu seusai menangkap ikan di pantai selatan DIY, beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi
11 Juli 2018 14:15 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia

Harianjogja.com, KULONPROGO—Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulonprogo merehabilitasi sejumlah tempat pelelangan ikan (TPI) yang kondisinya rusak.

Kepala DKP Kulonprogo, Sudarna, Rabu (11/7/2018) menjelaskan bentuk perbaikan yang dilakukan bentuknya kecil-kecil, misalnya perbaikan pintu kamar mandi yang rusak, atap atau bagian lain dari bangunan yang mengalami kerusakan atau pelapukan. Perbaikan tidak bisa dilakukan secara menyeluruh karena dana yang digunakan sangat terbatas. Melalui rehabilitasi ini harapannya nelayan dan pengunjung lebih nyaman saat mengunjungi TPI. “Kami juga berharap TPI bisa berkembang dan bersih sehingga pendapatan nelayan dan tingkat ekonomi mereka semakin meningkat, kata Sudarna, Rabu.

Beberapa TPI yang menjadi sasaran rehabilitasi antara lain TPI Trisik, Imorenggo, Bugel, Karangwuni, Glagah dan Jangkaran. Diharapkan rehabilitasi TPI ini dapat memberikan dampak positif bagi pedagang dan pembeli, mengingat TPI merupakan lokasi bertemunya pedagang dan pembeli dalam melakukan kesepakatan harga ikan hasil tangkapan.

Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo, Sarkowi, mengapresiasi rehabilitasi TPI yang dilakukan DKP. Dengan adanya rehabilitasi nelayan semakin nyaman saat beraktivitas dan menjalankan pelelangan ikan hasil tangkapan mereka di TPI.

Seorang nelayan Pantai Trisik, Dwi Surya, mengatakan di TPI Trisik dibutuhkan rehabilitasi kamar mandi dan sejumlah fasilitas lain. Menurutnya TPI Trisik merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi nelayan dalam menjual hasil tangkapan mereka.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia