Advertisement

ASIAN GAMES 2018: Jogja Jadi Kota Pertama Kirab Obor, Pemkot Bangga

I Ketut Sawitra Mustika
Kamis, 19 Juli 2018 - 14:20 WIB
Arief Junianto
ASIAN GAMES 2018: Jogja Jadi Kota Pertama Kirab Obor, Pemkot Bangga Logo Asian Games 2018 - Wikipedia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti berharap api obor Asian Games 2018, yang merupakan penyatuan dua api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah dan India, Jadi penyemangat bangsa Indonesia untuk meraih dua prestasi sekaligus dalam pesta olahraga empat tahunan tersebut.

"Semoga api obor yang melambangkan semangat ini terus bisa berjalan di kota-kota Indonesia, yang pada akhirnya tanggal 18 Agustus tiba di Jakarta. Doa dan harapan masyarakat, obor ini bisa menjadi penyemangat bagi Indonesia agar sukses jadi penyelenggara dan [para atlet] bisa meraih prestasi terbaik," kata Haryadi saat menerima obor Asian Games dari para atlet nasional asal DIY di Tugu Pal Putih, Jogja, Kamis (19/7/2018). 

Advertisement

Kota Jogja merupakan kota pertama yang dilintasi oleh Kirab Pawai Obor Asian Games 2018. Dipilihnya Kota Jogja sebagai kota pertama, kata Haryadi jelas jadi kebanggaan dan kebahagian bagi masyarakat Kota Pelajar.

Masyarakat Kota Jogja dan dari luar daerah, lanjut Haryadi, sangat antusias mengikuti jalannya kirab obor Asian Games 2018. Hal ini bisa terlihat dari berbagai kemeriahan dalam menyambut kedatangan obor tersebut.

"Masyarakat dari luar daerah juga ikut menyaksikkan kirab ini. Ramai sekali. Hotel [di Kota Jogja] penuh. Tapi yang paling utama adalah Jogja aman dan tertib sebagai tempat kirab," tutur Ketua DPD Golkar DIY tersebut.

Kira obor Asian Games 2018 di Kota Jogja diawali dengan penyalaan obor oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X sekitar pukul 07.15 di Pagelaran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Obor yang sudah menyala kemudian diserahkan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Selepas itu, Menlu kemudian lari menuju Alun-Alun Utara. Obor lalu diserahkan ke Kapolda DIY Brigjen Pol. Ahmad Dofiri untuk kemudian diestafetkan.

Dari Alun-alun Utara, obor kemudian dibawa melintasi Jalan Bhayangkara  - Jl. Pasar Kembang - Kantor Gubernur DIY - Pojok Benteng Kulon - Jl. Ngabean dan berakhir di Tugu Pal Putih. Obor sampai di Tugu Pal Putih sekitar pukul 09.15 dan diterima oleh Haryadi. Ia kemudian memindahkan api obor ke lentera. Api lalu diserahkan ke Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) untuk dibawa ke kota Solo.

Sekjen Inasgoc Eris Heryanto mengatakan api obor Asian Games 2018 selanjutnya akan melintasi 53 kota di 18 provinsi selama satu bulan. Api Asian Games 2018 sebelumnya sudah disatukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Candi Prambanan untuk selanjutnya diserahkan kepada atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement