Advertisement

Dosen UGM Ajarkan Warga Bantul Budi Daya Ikan Nila

Ujang Hasanudin
Kamis, 16 Agustus 2018 - 06:50 WIB
Bhekti Suryani
Dosen UGM Ajarkan Warga Bantul Budi Daya Ikan Nila Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Suwarman Partosuwiryo (Dua dari kiri), Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Perpustakaan BPAD DIY, Dewi Ambarwati (tiga dari kiri), Anggota DPRD Komisi D Danang Wahyu Broto (empat dari kiri), dan praktisi petani ikan nila Sri Hartono (kiri), saat menjadi pembicara dalam bedah buku Kiat Sukses Budi Daya Ikan Nila di Pendopo Balai Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Rabu (15/8/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Dosen Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Suwarman Partosuwiryo mengajak masyarakat untuk budi daya ikan nila, karena ikan nila paling mudah berkembang biak, sumber protein, dan bernilai ekonomi.

Demikian disampaikan Suwarman dalam bedah buku berjudul Kiat Sukses Budi Daya Ikan Nila di Pendopo Balai Desa Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Rabu (15/8/2018). Kegiatan bedah buku yang diselenggarakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY dan Komisi D DPRD DIY itu diikuti sekitar 130 warga.

Advertisement

Suwarman Partosuwiryo yang juga mantan kepala bidang perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY itu merupakan salah satu penulis buku Kiat Sukses Budi Daya Ikan Nila. Dalam kesempatan tersebut, ia mengulas soal keunggulan ikan nila, cara pengembangbikan, jenis ikan nilai, teknis budi daya, hingga manajemen sumber air, hingga teknik memilih bibit ikan nila yang bagus.

"Ikan nilai resisten terhadap kualitas air dan penyakit, toleransi terhadap kondisi lingkungan, berprotein tinggi, nilai ekonomis tinggi, mudah berkembang biak, dan mudah dibudi dayakan," kata Suwarman, menyebutkan keunggulan budi daya nila.

Suwarman mengatakan budi daya nilai bisa dilakukan di kolam tanah atau kolam buatan. Untuk menghasilkan nilai yang bagus, maka perlu memilih induk nila yang baik sesuai kriteria. Menurut dia, kriteria dalam memilih induk nila yang baik untuk jantan sudah berumur delapan bulan dengan berat sekitar 500-700 gram per ekor, panjang 25 sentimeter, warna cerah, ukuran besar, mulut lebar dan tebal. Sedngkan betina umur 10 bulan dengan bobot 200-500 gram, panjang 25 sentimeter, warna tidak secerah jantan.

Selain Suwarman, narasumber dalam bedah buku tersebut adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY dari Komisi D, Danang Wahyu Broto; Kasi Pengendalian Perikanan Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul, Susilartati; dan praktisi petani ikan nila Sri Hartono.

Danang Wahyu Broto mengapresiasi BPAD DIY yang menggelar kegiatan bedah buku dengan tema yang berkaitan langsung dengan aktivitas masyarakat. Danang mengatakan daerah Bantul terutama Tirtonirmilo Kasihan berpotensi untuk pengembangbikan ikan nila. Ia berharap masyarakat bisa langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat setelah bedah buku.

Menurut dia, dalam proses budi daya ikan nanti masyarakat juga bisa langsung mengakses bantuan-bantuan dari dinas terkait di kabupten. "Harapannya ke depannya dapat mensejahterakan masyarakat," kata dia. Pihaknya juga siap mengawal program-program yang bersentuhan dengan kegiatan masyarakat tersebut.

Sementara itu Kepala Sub Bidang Pembinaan dan Pemberdayaan Perpustakaan BPAD DIY, Dewi Ambarwati mengatakan bedah buku yang digelar di Balai Desa Tirtonirmolo merupkan ke-29 kali dari target 48 kali sampai akhir tahun ini. Kegiatan bedah buku dilaksanakan di kabupaten/ kota dan temanya disesuaikan dengan kondisi wilayah yang menjadi lokasi bedah buku.

Soal budi daya ikan nila yang dipilih menjadi tema di Tirtonirmolo karena berdasarkan usulan masyarakat bahwa daerah tersebut sangat berpotensi untuk budi daya ikan. Sudah ada beberapa warga yang budi daya ikan di wilayah itu. Dengan adanya bedah buku tersebut masyarakat diharapkan semaki mantap budi daya ikan.

"Kami dekatkan sumber-sumber informasi soal budi daya ikan nilai dari buku maupun para ahlinya langsung baik penulis maupun praktisi budi daya ikan nila," kata Dewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement