Advertisement

BNNP DIY Libatkan Swasta Berantas Narkoba

Irwan A Syambudi
Kamis, 16 Agustus 2018 - 10:50 WIB
Bhekti Suryani
BNNP DIY Libatkan Swasta Berantas Narkoba Para perwakilan perusahaan swasta di Kabupaten Bantul memberikan salam antinarkoba saat mengikuti pelatihan di Hotel Rose In, Bantul, Rabu (15/8/2018). - Harian Jogja/Irwan A. Syambudi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY terus berupaya mengajak semua pihak untuk turut serta dalam memberantas narkoba. Tidak terkecuali sejumlah perusahaan swasta juga turut dilibatkan dalam upaya pemberantasan narkoba.

Setelah melakukan asistensi penguatan pembangunan berwawasan antinarkoba kepada institusi pemerintah di Hotel Rose In, Bantul pada Selasa (14/8/2018), BNNP DIY kembali mengadakan kegiatan serupa, tetapi pesertanya berasal dari sejumlah perwakilan perusahaan swasta.

Advertisement

Kepala Bidang P2M BNNP DIY, Bambang Wiryanto mengatakan kagiatan ini merupakan upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba di tingkat kabupaten, khusunya di Kabupaten Bantul. Salah satu yang dilibatkan adalah pihak swasta.

"Kami melibatkan pihak swasta karena mereka juga memiliki peran yang penting. Mereka kami harapkan menjadi relawan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba," katanya, Rabu (15/8/2018).

Pihak swasta yang diundang selanjutnya diberikan berbagai materi tentang penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Setelah itu mereka akan dikukuhkan sebagai relawan yang diharapkan berperan aktif dalam pemberantasan narkoba.

Kepala Seksi Pencegahan BNNP DIY, Suharyono mengatakan para relawan ini terlebih dahulu dibekali informasi bahaya narkoba, teknik-teknik komunikasi efektif, dan pemanfaatan media sosial untuk penyebaran informasi.

Para relawan ini nantinya akan memiliki tugas di perusahaan dan juga di luar perusahaan untuk memberikan penyuluhan. Oleh karena itu mereka diberikan pembekalan terlebih dahulu. "Mereka juga memiliki peran untuk melakukan pengawasan terhadap rekan kerja atau karyawan yang ada di perusahaan," ujarnya.

Relawan tersebut dapat melakukan pengawasan terhadap karyawannya yang mencurigakan, dan terdapat tanda-tanda sebagai penyalahguna narkoba. Selanjutnya relawan melaporkan setiap ada tanda-tanda tersebut kepada BNNP DIY agar dilakukan pengecekan.

Perwakilan PT Cahaya Mulya Persada, Eny Rahayu mengaku terbantu dengan adanya kegiatan yang dilakukan BNNP DIY. Melalui materi yang diberikan, pihaknya akan menyosialisasikan baik di tingkat internal maupun eksternal yakni kepada masyarakat sekitar perusahaan rokok tersebut.

"Iya nanti kami juga akan melakukan pengawasan terhadap karyawan yang kiranya dicurigai menggunakan narkoba," kata Eny yang bekerja di bagian Keamanan dan Keselamatan Kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement