Advertisement

BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup

Yosef Leon
Kamis, 25 April 2024 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad memberikan keterangan kepada wartawan soal potensi si bencana memasuki musim penghujan, Rabu (29/11/2023) (Harian Jogja - Yosep Leon Pinsker)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - BPBD DIY mengaku akan memperkuat mitigasi dan edukasi kepada masyarakat luas agar tidak membuang sampah ke sungai menyusul ditutupnya TPA Piyungan akhir bulan ini. Itu dilakukan untuk mencegah potensi banjir akibat meluapnya sungai lantaran tersumbat sampah. 

Fenomena banjir akibat sampah yang menumpuk itu sempat melanda sejumlah titik di DIY pada Februari dan Maret lalu. Intensitas hujan yang cukup tinggi ditambah dengan tersumbatnya aliran ke sungai akibat banyaknya sampah yang dibuang ke selokan membuat banyak parit meluap dan banjir.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan, pada 1 Mei mendatang Pemda DIY telah menerapkan desentralisasi sampah secara penuh untuk kabupaten kota wilayah setempat. Kesiapan sejumlah pihak harus didorong agar bisa mengolah sampah dengan metode masing-masing dan masyarakat tidak membuang sampah ke sungai dan parit atau selokan. 

"Potensi masyarakat buang sampah ke sungai itu pasti ada dan saat hujan lebat banyak sungai meluap akibat tersumbat dan terjadi banjir," katanya, Kamis (25/4/2024). 

BPBD DIY, kata Noviar akan menggencarkan edukasi agar masyarakat sadar untuk mengolah sampah secara mandiri. Khususnya di Kota Jogja yang disinyalir tingkat kesadaran masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah masih kurang. Jangan sampai musim hujan yang masih berlangsung beberapa waktu ke depan semakin diperparah dengan sampah yang menumpuk di sungai. 

"Fenomena itu bisa berakibat fatal yang berdampak pada tersumbatnya aliran air dan banjir," ujarnya. 

BACA JUGA: Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Noviar mencatat, ada beberapa titik yang dilanda banjir akibat tersumbat sampah dan hujan deras beberapa waktu lalu di antaranya di Ringroad Utara, Condongcatur dan sejumlah wilayah di Kota Jogja. Padahal area itu disebutnya tidak tergolong rawan banjir, tetapi lantaran adanya tumpukan sampah menjadi meluap dan mengganggu aktivitas warga sekitar. 

"Artinya kesadaran masyarakat perlu digugah lagi supaya membuang sampah yang benar. Depo sampah di Jogja kan banyak, ya dibuang di sana nanti akan dikelola Pemkot Jogja dengan metode pengolahan," ujarnya. 

Noviar menambahkan, jika masih ditemukan adanya masyarakat yang membuang sampah sembarangan maka pihaknya tidak segan menindak dengan pidana ringan atau denda. Hanya saja pihaknya berharap disiplin masyarakat terbentuk dengan sendirinya untuk menjaga ketertiban dan kelestarian lingkungan masing-masing. 

"Kami berharap upaya pendisiplinan soal sampah dilakukan juga, tetapi kesadaran masyarakat lah yang harus diutamakan. Jadi kami berharap bukan hanya aksi dari pemerintah tapi masyarakat juga sadar," pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement