Advertisement

BPAD Selenggarakan Aneka Kegiatan, Ada Lomba Menulis Berhadiah!

Wisnu Wardhana
Sabtu, 15 September 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
BPAD Selenggarakan Aneka Kegiatan, Ada Lomba Menulis Berhadiah! Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Monika Nur Lastiyani. - Harian Jogja/Wisnu Wardhana

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar kegiatan Gemar Membaca selama September ini. Berbagai macam kegiatan sudah disiapkan oleh BPAD, mulai wisata pustaka hingga workshop penulisan bagi siswa SMA.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY Monika Nur Lastiyani kepada Harian Jogja, Jumat (13/9/2018) mengatakan, tujuan utama kegiatan Gemar Membaca adalah mengajak masyarakat untuk rajin dan memanfaatkan perpustakaan dan menjadikan perpustakaan menjadi tempat untuk berkegiatan (perpustakaan berbasis inklusi sosial).

Advertisement

Kegiatan yang sudah berlangsung ke-35 kalinya ini selalu mendapat respon positif dari masyarakat. “Masyarakat sangat antusias. Apalagi sekarang ini juga ada e-book yang bisa dinikmati,” katanya.

Kegiatan Gemar Membaca ini dimulai Rabu (12/9/2018). Untuk Sabtu ada Wisata Pustaka I Rumah Belajar Modern (RBM). Minggu (14/9/2018) ada Workshop Penulisan Bagi Siswa di RBM. Selain itu ada Hari Kunjung Perpustakaan dan bagi 200 pengunjung pertama Perpustakaan di Unit Grhatama Pustaka, Unit JLC, Unit RBM, Unit TRM 29 dan Unit Pojok Baca disediakan suvenir.

Puncak Hari Kunjung Perpustakaan pada Kamis (18/9/2018) dilakukan pengukuhan Duta Baca DIY serta Penerimaan Hadiah Lomba dan Pemberian Penghargaan Kepada Pemustaka di Ruang Auditorium Grhatama Pustaka.

Ada juga talk show dengan tema Pelibatan Komunitas dalam Upaya Mewujudkan Grhatama Pustaka sebagai Learning Center di Ruang Seminar Grhatama Pustaka. Ada juga Kreativitas Melukis Gerabah, Origami, Kerajinan Kain Flanel dan Kerajinan Clay di Lantai 1 Grhatama Pustaka.

Keesokan harinya, pada Jumat (19/9/2018) diselenggarakan Workshop Penulisan Bagi Siswa SMA di Ruang Seminar Grhatama Pustaka, Workshop Internet Sehat bagi siswa SMP di Ruang Digital Grhatama Pustaka, Lomba Menulis bagi SDLB/SMLB di Ruang Auditorium Grhatama Pustaka, Pameran Robotik di Loby Depan Grhatama Pustaka serta Kreativitas Melukis Gerabah, Origami, Kerajinan Kain Flanel dan Kerajinan Clay di Lantai 1 Grhatama Pustaka.

Untuk lomba menulis pendaftaran sudah dibuka sejak 7 September 2018 dan akan berakhir pada 18 September 2018. Peminat bisa mendaftarkan diri langsung ke Grhatama Pustaka. Sedangkan syaratnya, di antaranya adalah siswa SDLB dan SMPLB, membuat tulisan tentang pengalaman sehari-hari anak ketika ketika berkunjung ke perpustakaan sekolahmaupun perpustakaan di luar sekolahyang meliputi interaksi dengan buku, fasilitas, layanan dan apapun tentang perpustakaan. Panjang tulisan minimal satu folio serta menyertakan surat pengantar dari Sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement