Advertisement

Wow, Gurita dan Lobster Sekarang Melimpah di Gunungkidul

Herlambang Jati Kusumo
Sabtu, 29 September 2018 - 10:50 WIB
Bhekti Suryani
Wow, Gurita dan Lobster Sekarang Melimpah di Gunungkidul Hasil tangkapan gurita dari nelayan di Pantai Baron. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Para nelayan di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, mulai memasuki masa tangkap gurita pada September ini.

Ketua kelompok nelayan Pantai Baron, Sumardi mengungkapkan pada September dan diprediksi hingga Oktober nanti tangkapan gurita akan melimpah.

Advertisement

"Baru banyak memang tangkapan gurita saat ini. Saya kemarin dalam tiga hari bisa mendapat dua kwintal. Termasuk banyak hitungannya itu. Rata-rata nelayan lain juga cukup banyak hasil tangkapannya," kata Sumardi, Jumat (28/9/2018).

Harga hewan laut yang lebih banyak di ekspor tersebut menurutnya masih terbilang standar tidak ada kenaikan ataupun penurunan. "Kalau dari nelayan harganya Rp50.000/kg nya. Standar harga itu," ujarnya.

Untuk menangkap gurita itu, para nelayan membuat alat pancing sendiri. Biasanya kendala yang dihadapi nelayan saat air laut keruh. Untuk posisi gurita biasanya lebih banyak ditemui dipinggiran tebing dekat ombak.

Satu gurita hasil tangkapan para nelayan biasanya memiliki berat yang cukup lumayan. "Ada yang satu gurita itu satu kilogram ada yang mencapai tiga kilogram biasanya di tengah laut itu," katanya.

Selain gurita saat ini hasil tangkapan nelayan yang melimpah yaitu lobster. Sementara saat memasuki musim penghujan nanti diprediksi bawal putih yang akan banyak dengan harga yang tinggi juga.

Salah seorang pengepul gurita di Gunungkidul, Bagong mengungkapkan saat ini memang sedang banyak tangkapan gurita dari nelayan di Gunungkidul.

"Awal mau masuk musim penghujan memang banyak gurita ini. Gurita ini memang lebih banyak diekspor ke luar negeri biasanya Amerika atau Jepang," katanya.

Ia menuturkan untuk gurita yang diekspor ke luar negeri memiliki standar tertentu. Salah satunya dilihat dari kaki gurita. Jika lengan gurita putus lebih dari empat maka tidak laku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement