Advertisement

Tim Etik UGM Kasus Dugaan Perkosaan Dinilai Rawan Tak Berpihak Pada Korban

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 22 November 2018 - 08:50 WIB
Bhekti Suryani
Tim Etik UGM Kasus Dugaan Perkosaan Dinilai Rawan Tak Berpihak Pada Korban Ratusan mahasiswa menandatangani petisi penolakan terhadap kekerasan seksual saat aksi damai UGM Darurat Kekerasan Seksual di Kampus Fisipol UGM, Sleman, Kamis (8/11/2018). - Harian Jogja/Gigih M. hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Pihak rektorat Universitas Gadjah Mada (UGM) sedang membentuk tim etik yang akan mendalami dugaan kasus pemerkosaan mahasiswi Fisipol, Agni. Komunitas Kita Agni menyayangkan proses ini karena pihak korban tidak dilibatkan dalam pembentukan tim etik.

Humas Kita Agni Cornelia Natasya sebenarnya berharap ada figur yang mewakili komunitas Kita Agni dalam tim etik tersebut. Namun tim kajian Kita Agni memang mengakui jika pembentukan tim etik merupakan kewenangan kampus dalam hal ini rektor.

Advertisement

"Tapi saat tidak melibatkan penyintas [korban] atau pihak yang tidak paham isu kekerasan seksual, akan jadi bermasalah soal keberpihakannya pada penyintas," katanya di Fisipol UGM, Rabu (21/11/2018).

Natasya mengatakan, sampai sekarang nama-nama personel tim etik belum dikeluarkan. Pihak Kita Agni juga tidak ikut dilibatkan dalam pembentukan tim.

"Desas-desusnya sih harus profesor. Padahal kalau hanya dilihat dari selembar ijazah itu belum cukup kalau belum berpengalaman menangani kekerasan seksual," katanya.

Namun ditemui terpisah, Erwan Agus Purwanto mengatakan bahwa dari pihak Fisipol sudah ada yang mewakili tim etik tersebut. "Tim investigasi [Fisipol] masuk di tim etik," katanya.

Selain perwakilan Fisipol, tim etik juga diisi perwakilan fakultas asal pelaku dugaan pemerkosaan yaitu Fakultas Teknik. Fakultas lain yang memiliki kompetensi di bidang penanganan kasus pelecehan seksual juga turut dilibatkan, antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Filsafat, dan Fakultas Ilmu Budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement