Advertisement

Bertemu Sultan, Jokowi Bahas Bandara Kulonprogo

Sunartono
Kamis, 06 Desember 2018 - 17:50 WIB
Bhekti Suryani
Bertemu Sultan, Jokowi Bahas Bandara Kulonprogo Presiden RI Joko Widodo menunjukkan buku yang memuat sejarah perkembangan gedung madrasah saat hadir dan berpidato dalam acara resepsi milad 1 abad Madrasah Mu'allimin-Mu'allimat Muhammadiyah di Jalan Letjen S. Parman, Jogja, Kamis (6/12/2018). Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Jogja juga bersilaturahmi dengan Sri Sultan HB X di Kraton Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Presiden Joko Widodo bertemu bertemu dengan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X di Gedhong Jene Kompleks Kedhaton, Kraton Jogja, Kamis (6/12/2018). Pertemuan tertutup itu membicarakan tentang berbagai persoalan negara.

Jokowi berkunjung ke Kraton setelah menghadiri kegiatan di Madrasah Mua'llimin Muhammadiyah Yogyakarta yang jaraknya hanya sekitar 1,3 kilometer. Saat menuju kraton, HB X berada dalam satu mobil bersama Presiden Jokowi. Keduanya tiba di Kraton sekitar pukul 11.10 WIB memasuki pelataran Kamandungan Lor atau sering disebut keben. Mobil presiden berhenti tepat di depan regol Kamandungan atau dikenal dengan regol Srimanganti.

Advertisement

Jokowi dan HB X melakukan pertemuan tertutup empat mata di Gedhong Jene. Gedung di area vital komplek Kedhaton ini kerap untuk menerima tamu penting di Kraton. Sekitar pukul 12.00 WIB, Jokowi bersama HB X keluar dari Kedhaton.

Putri Pertama HB X GKR Mangkubumi mengatakan dalam pertemuan itu, Jokowi disuguh jajanan pasar seperti pastel, bendul hingga sus. Ia mengakui gedhong jene memang khusus untuk menerima tamu kenegaraan.

"Dhahar snack saja, aku ra ngerti pembicaraane opo, aku ra melu," katanya di Kraton, Kamis (6/12/2018).

Setelah dari Kraton, Jokowi langsung menuju kampus Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Di Kampus ini Jokowi memberikan pernyataan terkait pertemuannya dengan HB X di Kraton. Jokowi mengakui kedatangan ke Kraton merupakan pertemuan biasa, karena ia diajak HB X mampir ke Kraton. "Biasa, kita tadi pagi diajak pinarak [mampir], pinarak itu diajak ke keraton, mengikuti beliau [HB X] ke kraton," katanya.

Tetapi Jokowi mengakui ia membahas sejumlah persoalan berkaitan dengan negara. "Tetapi [kraton] kita di dalam hanya berbicara masalah berkaitan dengan ketatanegaraan, masalah manajemen negara, masalah berkaitan dengan konstitusi," ucapnya.

Jokowi mengaku sempat membicarakan terkait perkembangan pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo. Tetapi pembicaraan itu dilakukan saat tiba di Bandara Adisutjipto, bukan saat bertemu di Kraton. "[Soal Bandara Kulonprogo], Waktu di airport kita omong [soal] bandara progresnya bagus. Insyallah tahun depan sudah bisa kita lihat barangnya," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement