Advertisement

Semua Desa di Bantul Bakal Punya Alat Pembaca E-KTP

Redaksi Solopos
Senin, 03 Februari 2014 - 17:44 WIB
Nina Atmasari
Semua Desa di Bantul Bakal Punya Alat Pembaca E-KTP

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2014 akan melakukan pengadaan 'card reader' atau alat pembaca kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) untuk semua satuan kerja perangkat daerah setempat.

"Sebenarnya pengadaan alat baca KTP elektronik ini anggarannya sudah disiapkan pada 2013, namun karena waktu itu belum ada speknya, maka kami tunda pada APBD 2014," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bantul, Susanto, Senin (3/3/2014).

Advertisement

Menurut dia, selain semua satuan perangkat daerah (SKPD) se Bantul berjumlah sekitar 40 kantor, pengadaan card reader KTP elektronik juga untuk 75 desa, karena dipastikan semua kantor juga membutuhkan untuk pelayanan kepada masyarakat.

"Namun untuk kantor-kantor swasta harus pengadaan sendiri, terutama yang berkaitan langsung dengan masyarakat seperti notaris dan lembaga lainnya, alat itu untuk mengetahui apakan KTP elektronik asli atau tidak," katanya.

Pihaknya menargetkan, pengadaan card reader untuk semua SKPD dan desa bisa terealisasikan tahun ini dengan harapan nantinya bisa berguna bagi warga masyarakat maupun pegawai yang telah memiliki KTP elektronik bisa memanfaatkan fungsinya.

"Harapan kami nanti yang sudah pegang KTP elektronik mulai merasakan manfaatnya, karena dengan KTP elektronik dan alat itu tentunya lebih praktis, dan tidak merasa bahwa mempunyai KTP elektronik atau tidak biasa saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement