Caleg Meninggal, Nama Tetap Tercetak di Surat Suara

06 Februari 2014 19:30 WIB David Kurniawan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA–Ketua Divisi Teknis KPU Provinsi DIY, Nur Huri Mustofa mengatakan, mulai Minggu depan, surat suara untuk Pemilu 2014 di Provinsi DIY akan segera dicetak. Sesuai keputusan KPU Pusat, untuk proses percetakan akan dilaksakankan salah satu perusahaan percetakan di Kota Solo.

“Draf terakhir untuk surat suara sudah disahkan dan akan segera dicetak. Saya belum bisa memastikan tanggalnya, tapi mulai pekan depan sudah di cetak di Solo,” katanya, belum lama ini.

Dia menjelaskan, sesuai dengan hasil validasi yang dilakukan parpol, untuk provinsi DIY hanya ada satu kesalahan, yakni, salah penulisan gelar untuk calon DPRD Provinsi. Namun, kata dia, kesalahan itu sudah diperbaiki.

Dia menambahkan, meski ada salah satu caleg dari Bantul yang meninggal dunia, namun namanya akan tetap tercetak dalam surat suara. Hanya, nanti pada saat pelaksanaan pemilihan, petugas TPS akan mengumumkan jika caleg yang bersangkutan meninggal dunia dan tak dapat dipilih.

“Tidak ada caleg yang dicoret. Untuk yang meninggal namanya akan tetap tercetak tapi nanti akan diumumkan di TPS jika yang bersangkutan meninggal,” kata dia.

Meski terus ada penyempurnaan DPT, lanjutnya, surat suara tetap akan dicetak. Sampai saat ini, jumlah DPT di KPU Provinsi DIY sebanyak 2.723.742 orang. Hanya untuk mengantisipasinya, maka jumlah suara yang dicetak melebihi jumlah dari DPT yang tercatat secara resmi di Kantor KPU Provinsi DIY.

“Aturan itu sesuai dengan pusat, dan jumlah itu juga untuk berjaga-jaga ada pemilih dari luar daerah, maka jumlah surat suara dicetak sesuai dengan jumlah DPT ditambah lagi 2 persen,” ungkapnya.