Foxconn Masih Bisa ke Jogja

20 Februari 2014 10:20 WIB Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Meski telah menandantangani letter of intens dengan Pemda DKI Jakarta 7 Februari lalu, pihak Foxconn Technology, perusahaan yang memproduksi Iphone itu berkunjung balik ke DIY memenuhi janjinya. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menilai masih ada peluang.

“Tergantung negosiasinya nanti,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sesaat sebelum berangkat mengunjungi pengungsi korban letusan Gunung Kelud di Kediri, Rabu (19/2/2014).

Sultan mengatakan, pihak Foxconn berkunjung ke Jogja pada pekan lalu.

Rencana Foxconn bakal berkunjung balik Jogja ini sebelumnya disampaikan Sultan sepulangnya dari China dan Taiwan memenuhi undangan dari Presiden Foxconn Technology, Terry Gou.

Di sana, Sultan diajak berkeliling ke pabrik Foxconn yang berada di kota industri China, di Shenzen. Dalam kesempatan itu, pihak Foxconn memberikan satu bendel pertanyaan kepada gubernur yang akan dimintanya saat kunjungan balik ke Jogja pada awal Februari.

Materi pertanyaan itu seputar ketersediaan air bersih, keseriusan membangun bandara internasional di Kulonprogo, dan infrastruktur kota lainnya.

Namun, menurut Sultan, dalam kunjungan Foxconn ke Jogja sepekan yang lalu itu, satu bendel pertanyaan itu belum dipertanyakan. “Belum. Mereka baru melihat Akakom [Akademi Komunikasi Indonesia] dan Perusahaan Gameloft,” ujarnya.