Advertisement

POLITIK UANG : Caleg Bantul Diduga Datangi Rumah Warga untuk Bagi-bagi Uang

Bhekti Suryani
Senin, 07 April 2014 - 13:55 WIB
Nina Atmasari
POLITIK UANG : Caleg Bantul Diduga Datangi Rumah Warga untuk Bagi-bagi Uang Ilustrasi penyimpangan keuangan negara (JIBI/Solopos.com - Dok.)dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Jelang pemilu yang tinggal menghitung hari, kabar aksi politik uang kian merebak di Bantul. Tidak hanya memberikan barang, tim sukses (timses) caleg dikabarkan sibuk bergerilya ke rumah-rumah menebar uang puluhan ribu rupiah.

Sejumlah warga di Bantul mengungkapkan, aksi politik uang yang terjadi di daerah ini. Sumber Harian Jogja di Kecamatan Sanden mengungkapkan, aksi bagi-bagi uang dilakukan hampir mayoritas caleg dari berbagai partai politik (Parpol).

Advertisement

Tim sukses caleg tersebut mendatangi satu per satu rumah-rumah penduduk pada malam hari dan membagi-bagikan uang senilai Rp20.000-Rp30.000 per orang.

“Ngeri kalau di sini, semua orang sudah tahu soal itu, semuanya pada main uang, jarang ada yang bersih,” kata sumber itu yang meminta identitasnya dirahasiakan, Minggu (6/4/2014).

Ia sendiri, kata sumber itu, tidak disinggahi oleh tim sukses caleg untuk diberi uang karena kedekatannya dengan salah satu partai politik. Namun mulai dari kerabat hingga tetangga di kampungnya tak luput dari aksi politik uang.

“Warga itu bahkan menunjukkan kebodohannya dengan bilang kalau enggak dikasih uang enggak mau nyoblos, itu kan benar-benar pragmatis sekali,” imbuhnya.

Tidak hanya menebar uang, caleg itu sebagian membagi-bagikan barang. Seperti mesin genset untuk sekelompok warga. “Jadi dusun saya itu kan ada sekitar 300-an pemilih, itu mereka minta ke caleg diberi genset enggak hanya uang,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement