Advertisement

POLITIK UANG : Warga Tak Lapor karena Dapat Manfaat

Bhekti Suryani
Senin, 07 April 2014 - 14:57 WIB
Nina Atmasari
POLITIK UANG : Warga Tak Lapor karena Dapat Manfaat Ilustrasi penyimpangan keuangan negara (JIBI/Solopos.com - Dok.)dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL- Meski http://www.harianjogja.com/baca/2014/04/07/politik-uang-caleg-bantul-diduga-datangi-rumah-warga-untuk-bagi-bagi-uang-500941" target="_blank">politik uang sudah menjadi rahasia umum, warga memilih untuk tidak melaporkan ke aparat berwenang karena mereka mendapat manfaat dari tindakan yang tergolong pidana pemilu itu.

Ditambah lagi kesulitan warga untuk memegang bukti aksi politik uang tersebut.

Advertisement

Irwan, warga Desa Pleret Kecamatan Pleret Bantul mengungkapkan aksi curang para caleg peserta pemilu. Tim sukses caleg, menurut dia, mendatangi rumah warga dan membagikan uang senilai Rp50.000. “Hampir semua caleg begitu, parah kalau di Pleret ini,” ungkapnya, Minggu (6/4/2014).

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bantul, Retno Harjanti Iriani yang menjadi tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap serangan politik uang.

Modusnya, kata dia, bisa melalui tukang sayur yang masuk ke kampung-kampung. "Ibu-ibu kan menjadi langganan tukang sayur. Bisa mudah dipengaruhi,” ungkap Retno akhir pekan lalu.

Retno mengaku pernah menemui kejadian yang ia ceritakan. Dikatakannya, jelang hari H pencoblosan 9 April mendatang, kemungkinan aksi politik uang semakin masif, sebab waktu yang dimiliki caleg untuk memperngaruhi pemilih tidak lama lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement