Advertisement

Harian Jogja

Kampanye Parpol di Gunungkidul Habiskan Rp9,4 Miliar

Ujang Hasanudin
Minggu, 27 April 2014 - 05:30 WIB
Nina Atmasari
Kampanye Parpol di Gunungkidul Habiskan Rp9,4 Miliar Para simpatisan dan fans raja dangdut, Rhoma Irama, berjoget saat Rhoma dan Grup Soneta tampil pada kampanye PKB di Lapangan Nglorog, Sragen, Selasa (18/3/2014). (Taufiq Sidik/JIBI - Solopos)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Biaya kampanye partai politik peserta pemilu 2014 di Gunungkidul mencapai Rp9,4 miliar. Baiaya tersebut berdasarkan laporan dana kampanye partai dan caleg yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul.

Anggota KPU Gunungkidul Divisi Hukum dan Pengawasan Is Sumarsono mengatakan, Rp9.476.539.269 tersebut adalah jumlah dana kampanye semua partai dan caleg. Dana kampanye itu digunakan partai dan caleg sejak kampanye tertutup Februari 2013 hingga akhir kampanye terbuka awal April 2014.

Advertisement

BACA JUGA:  Tokopedia Bantu Perempuan Pelaku UMKM Memiliki NIB

“Uang yang beredar dari partai politik dan caleg selama masa kampanye tertutup dan kampanye terbuka Rp9,4 miliar,” kata Is, Jumat (25/4/2014).

Is mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menelusuri kebenaran materi laporan dana kampanye. KPU akan menyerahkan laporan tersebut untuk diaudit oleh akuntan publik apakah ada kesesuaian antara penggunaan dan yang dilaporkan. “Kalau tidak sesuai yang dilaporkan itu masuk pelanggaran administrasi nantinya,” ucap Is.

Anggota Panwaslu Gunungkidul Budi Haryanto mengatakan, pihaknya baru sebatas mendapatkan laporan dana kampanye partai dan caleg secara global dari KPU. Panwaslu belum memperoleh rincian penggunaan dana kampanye.

“Kita akan melihat dulu poin-poin penggunaan dana setelah itu baru kita membuat rekomendasi jika ada ketidaksesuaian,” ucap Budi.

Data KPU Gunungkidul semua partai politik sudah melaporkan batas akhir laporan dana kampanye tahap ketiga, Kamis (24/4/2014) kemarin, hanya partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang tidak melaporkan.
KPU tidak mengetahui alasan dari PKPI tidak melaporkan dana kampanye. Namun demikian karena PKPI tidak memiliki keterwakilan caleg dalam pileg 2014 sehingga tidak berimplikasi apa pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aturan THR 2023 Diumumkan Hari Ini, Batas Pencairan H-7 Lebaran

News
| Selasa, 28 Maret 2023, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Deretan Negara di Eropa yang Bisa Dikunjungi Bagi Pelancong Berduit Cekak

Wisata
| Selasa, 28 Maret 2023, 05:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement