Advertisement

Bawaslu Kulonprogo Ajak IKIP PGRI Wates Jadi Pengawas Partisipatif Pilkada 2024

Triyo Handoko
Jum'at, 26 Juli 2024 - 07:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Bawaslu Kulonprogo Ajak IKIP PGRI Wates Jadi Pengawas Partisipatif Pilkada 2024 Suasana audiensi Bawaslu Kulonprogo yang dipimpin ketuanya, Marwanto saat mengunjungi IKIP PGRI Wates yang diterima rektornya, Jaya Sumpanadalam agenda meningkatkan kerja samapengawasan Pilkada 2024 pada Kamis (25/7 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGOBawaslu Kulonprogo dan IKIP PGRI Wates resmi menjalin kerja sama dalam pengawasan penyelenggaraan Pilkada 2024, Kamis (25/7/2024).

Kerja sama ini tertuang dalam memorandum of understanding (MoU) dengan IKIP PGRI Wates terkait peningkatan pendidikan politik dan pengawasan partisipatif.

Advertisement

Ketua Bawaslu Kulonprogo, Mawanto menjelaskan kerja sama lembaganya dengan salah satu kampus di Bumi Biangun ini sudah terjalin sejak 2022 silam. "Kami lanjutkan lagi dalam Pilkada 2024 ini, terutama dalam pengawasan partisipatif," terangnya.

BACA JUGA: HUT ke-193 Bantul, Bawaslu Bantul Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada 2024

Marwanto menerangkan keterlibatan IKIP PGRI Wates dalam pengawasan partisipatif pada Pilkada Kulonprogo dengan mengerahkan mahasiswanya.

"Wujudnya dengan keterlibatan para mahasiswa menjadi relawan pengawasan partisipatif. Untuk Pilkada 2024 ini, hal itu rencananya masih kita teruskan, disamping kita sedang menggodok program lain,” ungkapnya.

Selama ini peran IKIP PGRI Wates dalam pengawasan pemilihan umum di Kulonprogo, jelas Marwanto, cukup baik dan perlu diapresiasi.

"Seperti Pemilu 2024 pada Februari lalu mereka memberikan fasilitas mahasiswanya untuk mengakses kesempatan pindah pemilih bagi yang mencoblos di Kulonprogo, ini bagus karena melindungi hak pilih," paparnya.

Peran strategis kampus dalam Pilkada Kulonprogo, sambung Marwanto, penting agar penyelenggaraan makin meningkat kualitasnya. "Sehingga kami terus mendorong agar kualitas Pemilu di Kulonprogo makin baik sehingga lahir pemimpin-pemimpin unggul," katanya.

Rektor IKIP PGRI Wates, Jaya Sumpana mengapresiasi Bawaslu Kulonprogo yang aktif bersinergi dan berkolaborasi dengan kampusnya.

"Kami juga bangga diajak dalam pelibatan mahasiswa dalam sejumlah kegiatan pengawasan partisipatif, ini memberikan pengalaman ekstra bagi mahasiswa kami," tuturnya.

Pelibatan IKIP PGRI Wates dalam Pilkada, jelas Jaya, sebagai pengawas partisipatif juga memberi kesempatan bagi kampusnya dalam pengabdian masyarakat Bumi Binangun.

"Kebetulan juga, mayoritas mahasiswa kami merupakan putra daerah, yang sudah semestinya turut peduli agar pilkada berlangsung luber jurdil demokratis dan menghasilkan pemimpin Kulonprogo yang amanah dan berkualitas,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan, TNI dan Pelaku Usaha Melakukan Sinergi Program

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement